Kamis, 14 Januari 2021

SEHAT DI DALAM TUHAN (4)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 3 Yohanes 1-14

 

Ayat Hafalan:  Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. 3 Yohanes 1:2

Di musim pandemi ini, memang kesempatan bagi banyak orang untuk menjaga kesehatan dan berolahraga masih sangat cukup dan baik adanya. Tetapi, mesti diingat bahwa kita yang mengetahui keterbatasan kita, jangan sampai memaksakan diri sehingga mungkin menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap bugar ditengah pandemi Covid -19 yang sedang melanda dunia.

 

1. Olahraga minimal 30 menit

World Health Organization (WHO) menyarankan untuk melakukan olahraga di tengah pandemi minimal 30 menit per hari, selama lima kali dalam seminggu. Jangan lupa untuk melakukan olahraga dengan tahapan yang benar misalnya dimulai dengan pemanasan, gerakan inti, dan diakhiri dengan pendinginan selama lima menit. Tahapan latihan fisik yang benar akan menghindarkan anda dari cendera. Jika anda sibuk bekerja, olahraga bisa dilakukan di malam hari. Tapi ingat jangan lakukan olahraga terlalu malam. Idealnya olahraga dilakukan minimal dua jam sebelum tidur. Latihan fisik yang dilakuan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuatmu kesulitan tidur, gelisah atau resah karena badan masih panas.

Setelah pulang dari berolahraga outdoor, sebaiknya jangan langsung duduk dan berkumpul bersama keluarga di rumah.

 

2. Lakukan olahraga fisik di rumah

Saat pandemi, rumah sendiri yang terjaga kebersihannya menjadi area paling aman untuk berlindung. Bukan hanya untuk tinggal, aktivitas tetap aman olahraga juga bisa dilakukan di rumah saja dengan lebih leluasa. Dengan hanya berinteraksi dengan keluarga sendiri tentunya risiko tertular virus lebih sedikit. Meskipun di rumah, olahraga fisik yang kamu lakukan bisa tetap optimal. Jenis olahraga di tengah pandemi yang bisa dilakukan di dalam rumah di antaranya adalah berlari dengan treadmill, mengayuh sepeda statis, yoga, senam, push up, sit up, plank dan squat. Di masa pandemi, sejumlah pelatih kebugaran dan senam membuka kelas-kelas online. Anda juga bisa menonton tutorial berbagai jenis olahraga di Youtube secara gratis, namun pastikan level olahraga di tengah pandemi tersebut sesuai dengan kondisi fisik serta kemampuanmu. Ketika bosan berolahraga di rumah dan ingin melakukan olahraga outdoor, kurangi kontak langsung dengan orang lain dan penggunaan alat olahraga secara bersama-sama.

 

3. Minum air yang cukup

Setelah selesai berolahraga, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup agar tidak mengalami dehidrasi. Setiap hari setidaknya kamu perlu mengonsumsi air putih sebanyak 2,5 liter. Minum air putih yang cukup akan membantu pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Asupan air putih juga dapat memperlancar saluran pencernaan. Selain itu, keseimbangan cairan di dalam tubuh dapat memperkuat sistem imun tubuh.

 

4. Olahraga tipe solo

Ketika bosan berolahraga di rumah dan ingin melakukan olahraga outdoor, kurangi kontak langsung dengan orang lain dan penggunaan alat olahraga secara bersama-sama, sebaiknya hindari olahraga di pusat kebugaran atau gym, juga perlu menghindari olahraga secara tim atau komunitas. Lakukanlah olahraga di tengah pandemi secara solo seperti, jalan kaki, joging atau lari, sepeda, skipping dan lain-lain.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31