Jumat, 15 September 2023

SAYA SAKSI KRISTUS (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Kisah Para Rasul 2:1-13

 

Ayat Hafalan: Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Kisah Para Rasul 2:4

 

Sebelum Yesus terangkat ke sorga, Ia berkata kepada murid-muridNya bahwa mereka akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas mereka dan murid-murid yang telah menerima kuasa akan menjadi saksi akan karya Kristus sampai ke ujung bumi.

 

Ketika tiba hari Pentakosta yaitu tepat 10 hari setelah Yesus naik ke sorga, mereka berkumpul di satu tempat, tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

 

Peristiwa ini merupakan peristiwa pencurahan Roh Kudus yang dialami oleh murid-murid Tuhan Yesus menanti-nantikan janjiNya.

 

Kematian Yesus menjadikan murid-muridNya ketakutan dan besembunyi, namun berita kebangkitan dan kenaikan-Nya ke Sorga membawa sukacita dan janji bahwa mereka akan menerima pengurapan Roh Kudus. Karya Roh Kudus ini juga berlaku bagi kita semua sebagai orang percaya yang beriman kepada Kristus dan senantiasa menanti-nantikan Dia. Perkataan saksi dalam bahasa Yunani dipakai kata ‘martus’ yang berarti martir. Martir adalah seseorang yang berani berjuang hingga mati demi membela iman dan kepercayaannya terhadap Yesus Kristus.

 

Pengurapan Roh Kudus memberikan keberanian untuk menjadi saksi Kristus. Karya Roh Kudus ini juga memperlengkapi orang-orang percaya dengan kuasa dari tempat maha tinggi untuk bersaksi tentang kebenaran dan menginsafkan orang akan dosa dan penghakiman Allah sehingga berbalik dari dosa kepada keselamatan di dalam Kristus.

 

Roh Kudus menyingkapkan dan memperdalam kehadiran pribadi Kristus dalam hidup orang pecaya sehingga menghasilkan keinginan yang semakin membara untuk mengasihi, menghormati dan menyenangkan Sang Juru Selamat.

 

Setiap orang percaya seharusnya memiliki kerinduan yang sangat mendalam untuk dipenuhi oleh Roh Kudus.

 

Setiap orang yang mengalami pengurapan Roh Kudus akan mengalami pengalaman pribadi bersama Tuhan dan menerima karunia-karunia Roh Kudus yang berbeda.

 

Jadi jikalau Roh Kudus sungguh-sungguh berkarya di dalam hidup kita dalam segala kepenuhanNya maka hidup kita akan semakin selaras dengan kekudusan Kristus dan semakin memiliki keberanian untuk menyatakan iman percaya kita kepada orang-orang yang belum mengenal Kristus.

 

Kita adalah para saksi akan Kristus ketika kita menerima sebuah kesaksian yang pasti dan pribadi bahwa Dia hidup.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *