Selasa, 12 September 2023

SAYA SAKSI KRISTUS (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Matius 28:16-20

 

Ayat Hafalan: “Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,” Matius 28:19

 

Apakah anda ingat, melalui siapa anda mengenal Tuhan Yesus? Siapakah yang memberitahukan kepada anda bahwa Ia adalah Tuhan dan Juruselamat? Bagaimana anda bisa menjadi orang kristen? Entah melalui orang tua, teman, membaca buku, mendengarkan radio, pengalaman hidup… nyatanya sekarang telah menjadi orang percaya, karena mereka yang bersaksi tentang Tuhan Yesus. Setelah menjadi Kristen, apakah telah menyaksikan kepada orang lain tentang Tuhan Yesus?

 

Para murid Tuhan Yesus yang telah menyaksikan dengan langsung kehidupan dan ajaran Tuhan Yesus tidak serta merta dapat bersaksi. Mereka diminta untuk menunggu sampai mereka dipenuhi Roh Kudus yang akan memampukan mereka menjadi saksi Kristus sampai ke ujung bumi. Roh Kudus lah pemeran utama dalam bersaksi, dan kita dipanggil untuk ikut serta dalam karya itu. Kita tidak dapat mengandalkan kemampuan diri sendiri untuk bersaksi. Ada banyak tantangan untuk bersaksi, dan tanpa pertolongan Roh Kudus kita tidak akan sanggup menghadapi tantangan tersebut.

 

Sebagai orang yang telah mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus, tongkat estafet kesaksian tidak boleh kita pegang terus. Tongkat itu harus kita serahkan kepada orang lain untuk diberikan kepada orang lainnya lagi, sampai “ke ujung bumi”. Setiap hati tanpa Kristus adalah alamat kesaksian kita, dan setiap hati dengan Kristus adalah saksi-Nya.

Dalam jaman yang makin kompleks dan terbuka saat ini, bersaksi tidak dapat dilakukan hanya berbekal tekad dan niat saja. Itu memang diperlukan, tetapi bersaksi dengan bijaksana harus benar-benar kita perhatikan. Siapakah yang dapat membimbing melaksanakan tugas kesaksian ini selain Roh Kudus? Ia-lah yang sanggup menuntun dan mengajar kita untuk bersaksi dengan tepat dan memberikan keberanian tanpa ragu mengatakan apa yang harus kita katakan. Keberanian, kuasa dan semangat bersaksi akan diberikan oleh Roh Kudus, sang sumber kuasa itu.

 

Panggilan seluruh umat Kristiani di dunia adalah untuk menjadi saksi Kristus. Sebagai pengikut Kristus, kita diutus untuk memberikan kesaksian tentang kasihNya, kebenaranNya, dan kuasaNya dalam kehidupan kita. Kita sebagai saksi Kristus memiliki kesempatan untuk menjadi saluran berkat dan menyebarkan kabar baik tentang Kristus kepada lingkungan sekitar kita dan seluruh dunia.

“Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,” Matius 28:19

Namun, menjadi saksi Kristus bukan hanya sekedar memberikan kesaksian dengan kata-kata saja, tetapi setiap karakter dan tindakan kita yang mencerminkan karakter Kristus di dalam hidup kita. Ketika kita mampu menerapkan segala hal sesuai dengan apa yang telah diajarkan-Nya di dalam hidup kita, maka kita dimampukan untuk menunjukkan kasih, kerendahan hati, dan keadilan. Serta kita pun menjadi seorang yang akan menjadi saksi hidup bagi kemulianNya.

 

Maukah Anda menjadi saksiNya Tuhan? Biar melalui kehidupan anda, kabar tentang Injil dapat diterima sampai ke ujung dunia, nama Tuhan Yesus semakin dipermuliakan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *