Kamis, 09 Mei 2024

RENUNGAN SPESIAL KENAIKAN YESUS KRISTUS KE SURGA (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Markus 16:1-20

 

Ayat Hafalan: Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah. Markus 16:19

 

Kamis 9 Mei 2024 umat Kristiani di penjuru belahan dunia merayakan hari kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Khususnya umat kristiani yang ada di Indonesi boleh berbangga hati karena pemerintah Indonesia menetapkan hari kenaikan Tuhan Yesus ke surga sebagai hari libur Nasional, sehingga umat kristiani bisa melaksanakan peribadatan di hari yang bersejarah itu. Lain halnya di dibeberapa negara lain, hari kenaikan tersebut bukan hari libur. Itulah sebabnya, perkantoran dibuka seperti biasanya. Kendati pun memang realita yang kita lihat, bahwa peristiwa kenaikan ini dirayakan tidak semeriah gaungnya sampai kemana-mana dalam menyambut hari-hari besar umat Kristiani yang lain semisal Natal, Paskah dll. Hal ini tidak berarti bahwa peristiwa Natal dan Paskah, lebih agung, lebih mulia, lebih besar, dari pada peristiwa kenaikan. Kendatipun mungkin ada umat Kristiani yang mempunyai pola pikir seperti itu, sehingga terjadilah pengkotak-kotakan dalam menyambut peristiwa ini.

 

Peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, merupakan rangkaian peristiwa yang tidak terpisahkan dari peristiwa-peristiwa sebelumnya; kelahiran, kematian dan kebangkitan. Peristiwa-peristiwa ini ibarat mata rantai yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lain. Kelahiran Tuhan Yesus di tengah-tengah dunia tidak akan ada gunanya jika Ia tidak mengalami kematian. Demikian juga halnya dengan kematianNya, bahkan yang turun ke dalam kerajaan maut itu, tidak akan berarti apa-apa ketika Tuhan Yesus tidak pernah dibangkitkan dari antara orang mati. Kebangkitan Tuhan Yesus dari antara orang pun tidak akan ada faedahnya jika Ia tidak naik ke sorga. Dan masih ada satu peristiwa lagi yang tidak kalah pentingnya dari ke empat peristiwa di atas dan harus di genapi yaitu tentang kedatanganNya yang kedua kali. Jadi ada lima “K” yang harus di genapi dalam diri Tuhan Yesus; Kelahiran, kematian, kebangkitan, kenaikan dan kedatangan. Kenaikan Tuhan Yesus ke surga menjadi puncak pelayanan Tuhan Yesus di bumi.

 

Memaknai kenaikan Tuhan Yesus ke sorga, ada beberapa hal yang perlu kita renungkan sebagai umatNya yang sudah di tebus antara lain:

 

1. Kenaikan Tuhan Yesus bukanlah Mitos            

Alkitab mencatat secara lengkap peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke sorga. Kita mulai dari Injil Markus 16:19 mengatakan “Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke sorga”. Sedangkan Injil Lukas 24:51 mengatakan “Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga”.  Lebih detail lagi dapat kita lihat dalam kitab Kisah Para Rasul 1:9 “Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka”. Mari kita bedah ayat ini secara cermat. Dari ketiga kutipan nats Alkitab di atas kita menermukan kata “mereka” berarti jamak, lebih dari satu. Mari kita hitung-hitungan sebentar. Murid Tuhan Yesus ada 12 orang, penghianat satu orang, gantung diri lalu mati, tinggal 11 orang ditambah lagi beberapa perempuan, serta maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudara Yesus (Kisah Para Rasul 1:14). Rasul Paulus mengatakan Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus (1 Korintus 15:6). Dengan kata lain saksi mata yang menyaksikan kenaikan Tuhan Yesus ke sorga lebih dari ratusan orang. Saksi mata dalam sebuah peristiwa sangatlah penting. Itu sebabnya dalam peradilan yang ada didunia ini pun membutuhkan saksi mata untuk menguatkan suatu peristiwa ataupun persidangan. Tempat kejadian perkata (TKP) yaitu Bukit Zaitun menjadi saksi bisu terhadap kenaikanNya, dan murid-murid Tuhan Yesus, menjadi saksi mata yang menyaksikan secara langsung peristiwa kenaikan Tuhan Yesus ke sorga.

Dari fakta-fakta di atas, jelaslah TIDAK BENAR mengenai pandangan yang mengatakan bahwa peristiwa kenaikan merupakan sebuah mitos. Sebab peristiwa kebangkitan dan kenaikan Tuhan Yesus kesorga ada saksi mata yang menyaksikan peristiwa itu. Bahkan antara pribadi yang mengalami kebangkitan dan kenaikan dengan mereka-mereka yang menyaksikan kebangkitan dan kenaikan itu ada dialog yang sangat intens diantara mereka (Bersambung…)

 

Bapak gembala beserta seluruh pengurus & pelayan Tuhan GBI Imamat Rajani mengucapkan selamat merayakan hari Kenaikan Tuhan Yesus Kristus ke Surga bagi keluarga besar Imra dimanapun anda berada. Doa kami, agar Kuasa Tuhan yang Ajaib selalu menyertai kehidupan kita semua. Tuhan Yesus memberkati

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *