Kamis, 21 Oktober 2021

PENGAMPUNAN YANG MENYEMBUHKAN (4)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Roma 5:1-11

 

Ayat Hafalan: Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. Roma 5:8

 

Sebuah Fakta Menakjubkan: Zat yang paling pahit dikenal adalah kimia sintetis denatonium, kadang-kadang dikenal sebagai Bitrex. Ini ditambahkan ke zat beracun, anti-pembeku, pembersih rumah tangga, cat, cat kuku, dan racun tikus, untuk mencegah tertelan secara tidak sengaja. Sangat pahit sehingga walaupun diencerkan dengan 10 bagian per juta, kebanyakan orang akan langsung meludahnya.

 

Ada sebuah ilustrasi mengerikan tentang seorang pria di Prancis yang digigit anjing gila. Ini bertahun-tahun sebelum pengobatan ditemukan untuk rabies. Ketika ditentukan bahwa anjing itu benar-benar rabies, seorang dokter yang baik hati memberi tahu pria itu bahwa ia hanya memiliki waktu yang singkat untuk hidup. Setelah mendengar berita yang menyedihkan ini, pria yang malang itu meminta kertas dan pensil kepada dokter dan kemudian mulai menulis dengan marah.

 

Setelah beberapa menit, dokter menyela. “Jika Anda menulis surat wasiat Anda, Anda punya waktu. Pikirkan baik-baik tentang harta Anda; Anda masih punya waktu beberapa hari.”

Pasien itu menjawab dengan tajam, “Saya tidak sedang membuat surat wasiat saya. Saya membuat daftar semua orang yang akan saya gigit sebelum saya mati!”

 

Kepahitan. Beberapa orang dikendalikan olehnya. Mereka diperlakukan dengan kejam dan berharap hal-hal buruk akan terjadi pada orang yang menyerang mereka. Beberapa merenung selama bertahun-tahun, tersiksa oleh ingatan akan luka yang mereka terima. Terkadang mereka sangat marah sehingga mereka memastikan sesuatu yang buruk terjadi. Tetapi Alkitab mengatakan bahwa ini adalah kemungkinan “solusi” paling buruk untuk menyelesaikan luka dalam hidup kita. Solusi nyata untuk berurusan dengan ketidakadilan dari orang lain bukanlah pembalasan, kemarahan yang tidak terkendali, atau perasaan sedih. Itu adalah pengampunan. Jika Anda ingin mengalami hidup yang berkelimpahan di dalam Yesus, Anda harus belajar bagaimana mengampuni mereka yang telah menyakiti Anda. Alkitab berkata, “Iblis telah turun kepadamu, dalam geramnya yang dahsyat, karena ia tahu, bahwa waktunya sudah singkat” (Wahyu 12:12). Setan adalah orang yang suka membenci, marah, dan pendendam — dan dia adalah penghasut pikiran kita untuk membalas dendam.

 

Ketika Anda menolak untuk memaafkan orang lain yang telah menyakiti Anda, Anda memberi mereka izin untuk terus menyakiti Anda. Anda terus menjadi budak pelanggaran mereka. Yesus mengatakan kepada kita untuk mengasihi sesama kita dan musuh kita. Terkadang orang yang paling menyakiti kita adalah orang yang paling dekat dengan kita. Itu aalah saudara Habel, Kain, yang membunuhnya. Anak Daud mencoba membunuh Daud. Sebagai anak-anak Tuhan, kita telah memalingkan muka kita pada Dia berulang kali. Kita tidak boleh lupa bahwa “Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa” (Roma 5:8). Mari kita hadapi itu — bahkan setelah Anda memaafkan seseorang, Anda mungkin tidak dapat melupakan apa yang terjadi. Tetapi Martin Luther berkata, “Anda tidak bisa mencegah burung-burung beterbangan di atas kepala Anda, tetapi Anda bisa mencegah mereka membangun sarang di rambut Anda.” Ketika Anda tergoda untuk memikirkan seseorang yang menyinggung perasaan Anda dan menghidupkan kembali perasaan itu, cobalah berdoa untuknya. Mungkin sulit pada mulanya, tetapi ingat, sebelum seseorang bertobat, adalah hal yang normal baginya untuk bertindak seperti setan yang egois. Berdoalah untuk pertobatan orang tersebut!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

January 2022
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31