Jumat, 23 Oktober 2020

KARAKTER KRISTUS (12)

 

Ayat Bacaan hari ini: Efesus 2:1-22

 

Ayat Hafalan: Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.Efesus 2:10

 

Setiap kita pasti memiliki kerinduan untuk dipakai Tuhan secara dahsyat dan ajaib: untuk jadi jenderalnya Tuhan. Sebelum diangkat naik menjadi seorang jenderal, kita harus menyenangkan hati Tuhan terlebih dahulu dengan cara melakukan apa yang dikehendaki Tuhan. Sebagai hal mendasar dalam Kekristenan, memiliki karakter Kristus adalah kehendak Tuhan atas setiap kita. Pembentukan karakter bukanlah hal yang instan: dibutuhkan proses, pengujian, waktu dan kesetiaan hingga terbentuk sebuah karakter yang luar biasa.

 

Efesus 2:10 “Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

 

Kita semua adalah buatan Allah, yang diciptakan untuk melakukan pekerjaan baik yang telah tentukan sebelumnya. Tuhan Yesus menciptakan kita karena Ia mempunyai rencana untuk kita. Sebuah benda yang tepah diciptakan, akan menjadi tidak berguna bila digunakan tidak sesuai fungsinya dan tujuan pembuatannya. Seperti itulah hidup kita: harus melakukan pekerjaan baik yang telah Tuhan Yesus siapkan untuk kita sedari awal kita diciptakan.

 

Karakter Kristus ibarat perlengkapan yang Tuhan siapkan untuk kita. Seperti seorang prajurit yang diperlengkapi dengan senjata untuk berperang, Karakter Kristus merupakan senjata yang telah diberikan pada kita untuk dapat melakukan pekerjaan yang telah Tuhan Yesus siapkan sebelumnya, dan Tuhan Yesus juga sudah mempersiapkan buah atas kesuksesan yang tercapai.

 

Sebagai orang Kristen, hendaknya kita mengutamakan karakter di atas reputasi. Banyak orang yang ingin dirinya terlihat baik supaya yang melihatnya memberikan komentar positif. Hal tersebut bukanlah karakter, karena diri kita hanya menampilkan apa yang dunia ingin lihat. Karakter adalah bagaimana diri kita sebenarnya dan setulusnya. Karakter merupakan sesuatu yang penting dan akan menentukan perilaku serta tindakan kita: karakter yang luar biasa akan membawa kita mencapai sesuatu yang luar biasa, karena bukan talenta yang akan membuat kita sukses tetapi karakter-lah yang akan membawa kita menuju kesuksesan.

 

Talenta Raja Daud tidak lebih banyak dibandingkan talenta Saul, tetapi Raja Daud bisa menjadi lebih sukses karena karakternya yang lebih baik dari Saul. Karakter-lah yang akan membuat kesuksesan kita langgeng.

Karakter adalah sifat-sifat yang melekat pada kepribadian seseorang. Karakter Kristus adalah sifat-sifat yang melekat pada seseorang yang mengakui Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juru S’lamat dan mau hidup menurut teladan-Nya. Pembentukan karakter dimulai dari pilihan dan keputusan yang berani kita ambil dalam hidup kita secara terus menerus hingga menjadi kebiasaan yang melekat. Kita sebagai umat pilihan Tuhan diberikan tambahan alat untuk membentuk karakter. Seperti sebuah tiket VIP yang digunakan di dalam taman bermain, Tuhan Yesus memberikan tiket VIP tersebut untuk memudahkan kita dalam proses pembentukan karakter. ( Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

December 2023
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031