Selasa, 16 April 2024

IMAN & TEROBOSAN KEUANGAN (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Matius 6:1-34

 

Ayat Hafalan: “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, Maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Matius 6:33

 

Alkitab berkata di 2 Timotius 3:1, “Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar.” Walau tidak dibahas apa yang sukar tapi kita percaya bahwa salah satunya tentang uang. Mungkin kita berpikir kenapa Tuhan tega yah buat masa yang sukar di akhir jaman, tetapi yang sebenarnya adalah Tuhan mau menyelamatkan semua umatNya, karena sulit sekali bertobat atau mengajak orang bertobat saat dalam posisi ekonomi baik. Kita tahu hari-hari ini banyak orang mengeluh tentang kesulitan ekonomi entah di dunia bisnis atau sebagai pekerja di perusahaan, persaingan semakin ketat. Kita perlu Tuhan agar terobosan dalam keuangan terjadi dalam hidup kita. Beberapa poin penting untuk mengalami terobosan keuangan:

 

1. Menang atas uang dalam artinya tidak terikat dengan uang

Ciri-ciri terikat dengan uang diantaranya adalah bisa bertengkar dengan sesama untuk masalah uang yang tidak seberapa, kalau tidak punya uang sulit untuk bersukacita, padahal Alkitab jelas berkata dalam Roma 14:17 menuliskan, “Sebab kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh roh kudus.”

Mintalah tuntunan roh kudus setiap hari untuk bebas dari keterikatan dengan uang, karena Tuhan mau kita hanya terikat kepadaNya. Belajarlah dengan bersyukur dan bersukacita saat anda dalam keadaan sulit. Seringkali Tuhan tidak berurusan dengan keadaan yang kita alami namun dengan apa yang ada di hati kita. Percayalah bahwa ketika anda bebas dari keterikatan dengan uang, berkat-berkat mulai diberikan karena Tuhan ingin menggenapi setiap janjiNya

Yohanes 10:10, “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.”

 

2. Fokus mencari Tuhan bukan mencari berkat semata

Matius 6:33, “Carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, Maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Jangan sampai Firman ini menjadi terbalik, cari tambahannya baru kerajaan-Nya, prioritaskan Tuhan dalam segala hal, waktu bangun pagi mencari Tuhan, berdoa, sediakan saat teduh, memuji dan menyembah Tuhan. Tuhan Maha Tahu, saat kita datang apakah dengan tulus hati merindukan kehadiranNya atau hanya ingin berkatNya. Saat hati kita benar tulus tanpa agenda atau kepentingan dalam bersekutu dengan Tuhan, saya yakin Tuhan akan menggenapi firmanNya untuk memberikan tambahan-tambahan baik kesehatan, uang, sukacita, dan damai sejahtera, karena dikatakan dalam firmanNya, “semuanya akan ditambahkan.”

Firman berkata dalam Matius 6:8, “Jadi jangan kamu sama seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu meminta kepadaNya.”

 

3. Fokus menjadi berkat beda dengan fokus kepada berkatNya

Kita harus sadar bahwa semua yang kita terima dan miliki ini berasal dari Tuhan. Pekerjaan Tuhan membutuhkan dana yang tidak sedikit dan Dia mencari bendahara-bendahara Tuhan akhir jaman ini. Perlu latihan untuk bisa memberi, lama-lama setiap ada proyek Tuhan kita akan bersemangat untuk siap memberi. Memberi akan menjadi kebiasaaan yang bisa membuat kita bersukacita melebihi dari sekedar membeli mobil mewah. Lukas 6:38 “Berilah maka kamu akan diberi; suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah keluar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” Jadi ternyata ukuran dalam berkat itu ada di tangan kita, apakah kita siap menjadi berkat, siap menyalurkan apa yang Tuhan sudah beri pada kita.

Saluran air selalu basah atau selau ada airnya tidak pernah kering, begitu pula saluran berkat akan selalu diberkati.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *