Senin, 21 Pebruari 2022

HIDUP DALAM PERTOBATAN (1)

 

Ayat Bacaab Hari ini: 2 Tawarikh 7:11-22

 

Ayat Hafalan: dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka. 2 Tawarikh 7:14

 

Alkisah ada seorang pria bernama Pak Alex. Setelah menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat, Pak Alex banyak berubah. Dulunya ia sangat pemarah akibat suka berguru dan mempelajari berbagai ilmu dari paranormal. Satu hari, anaknya jatuh sakit. Pak Alex meminta pendetanya untuk datang dan mendoakan anaknya yang masih bayi. Setelah selesai mendoakan, pendeta tersebut melihat ada Alkitab yang diletakkan di sebelah bantal sang anak. Ia pun heran dan bertanya kepada Pak Alex, “Untuk apa Alkitab itu, Pak? Apakah anakmu sudah bisa membaca?” Pak Alex tersenyum, seraya berkata “Alkitab itu saya letakkan di sana supaya malaikat menjaga anak saya, Pak Pendeta.” Rupanya, meskipun Pak Alex sudah bertobat, tetapi ia belum meninggalkan hidup lamanya yang percaya pada okultisme, sehingga menganggap Alkitab sebagai jimat yang bisa memberi perlindungan.

 

Banyak orang yang mengira, bahwa setelah mereka meninggalkan dosa-dosa besar yang begitu mencolok mata, maka mereka sudah bertobat. Mereka mengabaikan dosa-dosa dan pelanggaran-pelanggaran kecil yang mereka anggap tidak merugikan ataupun dianggap sebagai kriminalitas di dunia ini. Namun karena kekudusan Roh Kudus, bagi-Nya tak ada dosa besar ataupun dosa kecil. Dosa adalah dosa. Dosa adalah ketidakkudusan. Salah satu pekerjaan Roh Kudus adalah menginsafkan dan menyadarkan manusia, jika masih ada dosa dan kesalahan dalam diri kita. Bukan untuk mengintimidasi, melainkan supaya kita bisa semakin dikuduskan, semakin murni dan serupa dengan pribadi Tuhan.

 

Dosa memang sering kali begitu sulit untuk ditinggalkan. Dosa kelihatan begitu enak untuk kita nikmati. Namun dosa itulah yang merintangi kita untuk memperoleh penggenapan janji Tuhan. Mari belajar untuk mendengar suara Roh Kudus, sebab sering kali suara itu sangatlah lembut. Belajar taat tanpa kompromi dan segera bereskan saat Roh Kudus mengingatkan kita. Ambil komitmen untuk hidup dalam pertobatan yang sejati. Maka Tuhan akan mengampuni setiap dosa dan kesalahan kita. Kebahagiaan, sukacita, berkat, dan anugerah akan Tuhan kembalikan dalam hidup kita. Hidup kita akan Tuhan pulihkan, bahkan melebihi keadaannya yang terdahulu.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *