Rabu, 30 Maret 2022

DISERTAI OLEH TUHAN (3)

 

 Ayat Bacaan Hari ini: Matius 28:16-20

 

Ayat Hafalan: Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” Matius 28:20b

 

“Yesus mendekati mereka dan berkata: “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di surga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.” 

 

Tidak ada tokoh di bumi ini yang berkata pada pengikutnya bahwa ia akan menyertai pengikutinya sepanjang waktu kecuali Yesus Kristus. Nabi-nabi atau tuhan yang dipercayai agama lain pun tidak ada yang bejanji kalau ia akan menyertai pengikutnya sampai akhir zaman. Hanya Yesus yang berjanji akan menyertai kita sampai akhir zaman. Saat Allah berjanji pasti Ia akan menepatinya.  Ada 3 bentuk penyertaan Tuhan dalam hidup ini:

 

1. Yesus Menyertai Kita Lewat Firman-Nya

Tuhan menyertai kita lewat Firman dan kasih-Nya dalam Hidup kita. Semua ayat Alkitab yang kita baca tidak akan pernah basi. Apa pun ayat Alkitab yang kita baca itu mengandung janji Allah yang pasti dalam hidup kita. Para Martir Yesus rela mati hanya dengan membaca Firman-Nya. Setiap kita terkadang hanya asal baca Firman Tuhan sehingga kita tidak mendapatkan apa-apa dalam pembacaan kita. Rasul Paulus berkata tidak ada yang bisa memisahkan dia dari kasih Kristus dalam hidupnya. Apa pun penderitaan yang ia hadapi dalam penginjilannya ia merasa tidak ada penderitaan saat Allah bersamanya. Saat ketakutan Allah berkata jangan takut buat setiap kita. Saat keadaan kita tidak baik Allah berfirman segala sesuatu mendatangkan kebaikan buat setiap kita. Ingatlah selalu bahwa Allah terus bersama kit kapan pun sampai akhir zaman.

 

2. Yesus Menyertai Kita Dengan Menjadi Perantara

Menurut Melkisedek, Yesus adalah Imam Besar yang menjadi Perantara antara kita dengan Allah Bapa di Surga. Oleh sebab itu semua tetesan air mata kita dihargai dan ditampung dalam kirbat Tuhan. Yang menjamin setiap keluhan kita kepada Bapa di surga adalah Yesus. Tanpa Yesus semua doa dan keluhan kita kepada Tuhan akan sia-sia tidak ada artinya. Tidak ada harapan buat setiap kita jika tidak ada Yesus. Yesus selalu peduli dengan setiap kita. Ia tidak egois, begitu juga dalam hidup kita jangan kita memiliki sifat yang mementingkan diri kita sendiri. Miliki kasih dan pedulilah dengan sekitar kita.

 

3. Yesus Menyertai Kita Melalui Penghiburan

Yesus menyertai kita lewat penghiburan. Kita pasti pernah melihat gambar ‘Foot Print’ dimana dalam gambar tersebut digambarkan ada dua jejak kaki kita dan Tuhan. Saat dalam masa sukar tiba-tiba jejak kaki itu jadi sepasang. Manusia berkata kemanakah Tuhan saat kita dalam kesusahan tetapi sesungguhnya dalam kesusahan Tuhan sedang menggendong setiap kita sehingga jejak kaki itu terlihat sepasang dan itu adalah jejak kaki Tuhan. Dia Tuhan yang setia. Saat kita tidak setia pun Tuhan tetap setia karena Ia tidak dapat menipu diri-Nya sendiri. Dia adalah Allah yang setia.  Ada saatnya setiap kita tidak mampu menjalani hidup ini dan saat itulah Tuhan akan memberikan penghiburan buat setiap kita.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *