Selasa, 07 Desember 2021

ANUGERAH DARI TUHAN (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 15:1-11

 

Ayat Hafalan: Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah. 1 Korintus 15:9

 

Jika kita terus membicarakan ketidakmampuan (inabilities) kita sendiri, maka hal itu adalah penghinaan terhadap Pencipta kita. Jika kita mengeluhkan ketidakcakapan  kita, itu berarti bahwa kita menuduh Allah tidak memperhatikan kita.

 

Biasakanlah diri Anda untuk menguji dari perspektif/sudut pandang Allah hal-hal yang kelihatannya sangat rendah menurut manusia. Anda akan merasa heran betapa hal-hal itu tidak pantas dan tidak hormat kepada Allah. Kita mengatakan hal-hal seperti, “Oh, aku seharusnya tidak menyatakan bahwa aku telah dikuduskan; toh aku bukan orang yang kudus.”

 

Namun mengatakan hal itu di hadapan Allah berarti, “Tidak, Tuhan, sungguh mustahil bagi-Mu untuk menyelamatkan dan menyucikan aku; aku tidak memiliki banyak kesempatan untuk itu dan pikiran serta tubuhku penuh dengan ketidak-sempurnaan; tidak Tuhan, itu mustahil.” Hal itu mungkin kedengaran rendah hati bagi orang lain, namun di hadapan Allah ini adalah sikap ketidaktaatan.

 

Sebaliknya, hal-hal yang kedengarannya rendah hati dihadapan Allah mungkin kedengaran aneh atau kesombongan bagi orang lain. Jika kita mengatakan, “Terima kasih, Tuhan, aku tahu bahwa aku telah diselamatkan dan dikuduskan,” itu bagi Allah merupakan ekspresi paling murni dari kerendahan hati. Hal itu berarti bahwa Anda telah sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah sehingga Anda tahu bahwa Ia benar. Janganlah khawatir apakah yang Anda katakan itu terdengar rendah hati atau tidak bagi orang lain. Namun Anda harus senantiasa rendah hati di hadapan Allah, dan membiarkan Dia menjadi segalanya bagi Anda.

Anugerah Tuhan selalu menyertai kehidupan mereka yang dipilih Tuhan dari semula. Bila mereka bisa bertobat, percaya, menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat pribadi, mengalami perubahan hidup, dan memiliki kerinduan untuk melayani, semuanya adalah anugerah Tuhan. Mendapat jalan keluar dari masalah yang kita hadapi dan sukses dalam pekerjaan juga merupakan anugerah Tuhan. Tidak ada aspek kehidupan yang tak terjangkau oleh anugerah Tuhan.

 

Mengapa anugerah Tuhan itu diakui dalam seluruh aspek kehidupan orang percaya? Rasul Paulus mengatakan, “Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah” (15:9). Rasul Paulus sadar bahwa ia adalah manusia berdosa yang hanya karena anugerah Tuhan semata bisa dipercaya untuk melayani dan memberitakan Injil. Dosa membuat manusia sama sekali tidak layak di hadapan Tuhan. Dosa mengakibatkan tidak ada bagian di dalam diri seorang manusia yang tidak dinodai oleh dosa. Intelektual, emosi, keinginan, dan tubuh fisik pun telah dicemari oleh dosa. Hal inilah yang membuat manusia membutuhkan anugerah Tuhan dalam semua aspek kehidupannya. Kita patut bersyukur kepada Tuhan dan semakin mengasihi Dia karena anugerah-Nya melimpah dalam hidup kita. Sebelum kita mengenal Dia, Ia sudah mati untuk dosa-dosa kita serta bangkit dan menyediakan tempat bagi kita kelak!

 

Hanya ada satu hubungan yang benar-benar penting, dan itu adalah hubungan pribadi Anda dengan Penebus dan Tuhan Anda. Jika Anda memelihara hubungan itu dengan cara apa pun, dengan tidak mempedulikan hal-hal lain, maka Allah akan menjalankan rencana-Nya dalam hidup Anda.

 

Satu individu tidak ternilai harganya bagi rencana Allah, dan individu itu mungkin adalah Anda.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *