Rabu, 30 Juni 2021

TETAPLAH TENANG (3)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Filipi 4:1-9

 

Ayat Hafalan: Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu. Filipi 4:8

 

Jadilah orang Kristen yang memberi dampak positif bagi keluarga, bagi lingkungan, bagi komunitas, bagi daerah, bagi bangsa, bagi dunia, dan bagi Kerajaan Sorga. Sebarkan berita menyejukan yang dapat membuat orang tenang dan sebarkan juga firman Tuhan karena firman Tuhan memberikan kedamaian. Nyatakan kepada dunia bahwa Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus lebih besar dari apapun termasuk virus Corona. Nyatakan kepada dunia bahwa Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus selalu hadir di tengah orang yang percaya dan mengasihi-Nya. Postinglah sesuatu yang dapat membangkitkan iman dan membagun sesama khususnya saudara seiman. Seperti nasihat Rasul Paulus agar kita memikirkan semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang manis, semua yang sedap didengar, dan semua yang disebut kebajikan (Flipi 4:8). Oleh karena itu penuhi media sosial dengan pemberitaan firman Tuhan. Firman Tuhan yang diberitakan tidak akan pernah kembali dengan sia-sia. Berdasarkan perspektif teologis, virus Corona merupakan sarana yang diijinkan Allah Bapa, Tuhan Yesus, dan Roh Kudus untuk menjangkau jiwa-jiwa (Amanat Agung) dan sekaligus menyatakan kebesaran, keagungan, dan kemuliaan-Nya. Inilah waktu dimulainya penuaian jiwa besar-besaran.

 

Selain itu, kita juga harus melakukan bagian kita untuk meningkatkan pola hidup sehat agar terhindar dari virus Corona. Berikut beberapa tips untuk jemaat lakukan ditengah pandemi ini:

 

1. Istirahat Cukup

Walaupun bekerja dari rumah, tapi istirahat dan tidur jadi hal penting yang tidak boleh dilupakan. Tidur malam yang cukup akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam. Selain cukup istirahat, pastikan diri Anda selalu terhidrasi dengan baik lewat konsumsi air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup.

 

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Makanan siap saji dan makanan instan memang menggoda. Namun, di waktu seperti ini ada baiknya jika perbanyak konsumsi makanan bergizi seimbang dengan sayur dan buah-buahan dan vitamin.

Hal ini penting, sebab, nutrisi seperti vitamin yang terkandung di dalam sayur dan buah dapat membuat tubuh kuat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Di samping itu, usahakan untuk makan secara teratur dan tidak melewatkan jam makan, apalagi sarapan.

 

3. Aktif Bergerak dan Rutin Berolahraga

Di rumah saja, bukan berarti bisa malas-malasan. Justru, kamu harus lebih aktif dan lebih banyak bergerak. Agar tubuh tetap fit dan sehat, cobalah untuk rutin berolahraga.

Misalnya dengan melakukan yoga, bersepeda atau sekedar berjalan kaki mengelilingi area rumah 15 menit setiap harinya. Dengan memulai gaya hidup lebih sehat, proses regenerasi dan metabolisme di dalam tubuh jadi lebih maksimal, sehingga tubuh pun jadi jauh lebih sehat.

 

4. Jaga Higienitas

Walaupun berada di dalam rumah untuk waktu yang cukup lama, Anda tetap harus memprioritaskan kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Pastikan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik secara berkala, seperti sebelum dan setelah makan, setelah dari toilet, setelah beraktivitas,dan jika tangan kotor. Jika Anda batuk atau bersin, tutupi hidup dan mulut Anda dengan tisu. Setelahnya, segera buang tisu ke tempat sampah dan mencuci tangan hingga bersih. Jagalah juga kebersihan rumah.

 

Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kita semua dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kita, supaya oleh kekuatan Roh Kudus, hidup kita berlimpah-limpah dalam pengharapan. Serta tubuh, jiwa dan roh kita terpelihara sempurna, sampai kedatanganNya yang kedua untuk menjemput kita semua yang percaya kepadaNya. Sampai bertemu di bulan Juli 2021, Tuhan Yesus memberkati jemaat Imamat Rajani semua, Amin

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *