Selasa, 29 Juni 2021

TETAPLAH TENANG (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Hagai 1:1-14

 

Ayat Hafalan: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Perhatikanlah keadaanmu! Hagai 1:7

 

(Sambungan…)

 

Siapa saja memang perlu mengetahui tentang dan perkembangan seputar virus Corona. Namun pemberitaan tentang virus Corona di kalangan orang Kristen sudah jauh melampaui batas, jauh melampaui pemberitaan tentang Allah Bapa, Yesus Kristus, dan Roh Kudus. Perhatikan baik-naik, Tuhan melalui nabi Hagai menegur bangsa Israel yang lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dan mengesampingkan kepentingan Allah. Tuhan melalui nabi Hagai mengingatkan orang Israel untuk memperhatikan Rumah Tuhan. Firman Tuhan yang disampaikan Hagai kepada bangsa Israel yang tercatat dalam Hagai 1:1-11 memang tidak membicarakan virus Corona. Namun ada pelajaran penting dari teks tersebut yang dapat diambil orang Kristen zaman now, yakni untuk memprioritaskan pemberitaan tentang Tuhan, untuk mengutamakan pekerjaan Tuhan, untuk terus menyatakan kebesaran Tuhan, untuk terus berharap kepada Tuhan, untuk terus menanti pertolongan dan keselamatan dari Tuhan, dan lain sebagainya.

 

Hal ini juga yang disampaikan Pemazmur dalam Mazmur 91:1 yang intinya ingin menyampaikan bahwa hanya Tuhan tempat perlindungan, hanya Tuhan tempat bernaung, dan hanya Tuhan kubu pertahanan. Orang yang berlindung dan berada dalam naungan Tuhan akan diluputkan dari hal-hal yang menakutkan. Bahkan orang-orang yang berlindung dan berada dalam naungan Tuhan hanya akan menonton semua peristiwa mengerikan yang terjadi di depan matanya.

 

Mazmur 91 adalah Genre Mazmur Keyakinan atau Mazmur Iman yang memberikan gambaran kepada orang Kristen bahwa orang yang hidup benar di hadapan Allah tidak perlu khawatir dan takut terhadap hal apapun yang mengancam. Orang benar di dalam Mazmur 91 sangat yakin bahkan keyakinannya tidak tergoyahkan bahwa Allah Yang Mahatinggi, Allah Israel, sangat peduli dan pasti memelihara hidupnya. Ada penjagaan Allah.

 

Ditengah merebaknya virus Corona, setiap orang rentan untuk tertular virus Corona. Harta, jabatan, status sosial dan agama tidak berguna karena semua itu tidak mampu menyelamatkan. Pemazmur Daud menyampaikan bahwa dari Tuhan saja datang pertolongan (Mzm. 3:9) dan dari Tuhan saja datang keselamatan (Mzm. 33:20; 85:8; 119:41; Yun. 2:9). Bani Korah melalui mazmurnya memotivasi orang benar untuk tidak takut terhadap hal apapun. Sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut, sekalipun bangsa-bangsa ribut, sekalipun kerajaan-kerajaan goncang dan bumi hancur, orang benar tidak perlu takut karena Tuhan adalah tempat perlindungan dan kekuatan, dan kota benteng yang teguh, dan sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti (Mzm. 46:1-12).

 

Seharusnya firman Tuhan yang perlu disebarkan dan diberitakan secara luas oleh komunitas-komunitas dan grup-grup sosial media Kristen. Pesan-pesan yang berasal dari firman Tuhan yang harus menjadi tranding topic di tengah-tengah situasi bangsa dan dunia yang tengah kacau. Semua orang Kristen melalui komunitas-komunitas dan grup-grup sosial media seharusnya memainkan perannya untuk menjadi terang dan memberi dampak positif bagi bangsa dan dunia. Hanya firman Tuhan yang mampu mengubah cara berpikir seseorang dari cara berpikir negatif menjadi positif. Hanya firman Tuhan yang mampu memberikan ketenangan bagi seseorang dan komunitas. Hanya firman Tuhan yang mampu memberikan kedamaian bagi seseorang dan komunitas. Hanya firman Tuhan yang mampu membangkitkan semangat yang sudah patah bagi seseorang dan komunitas. Hanya firman Tuhan yang mampu membangkitkan optimisme seseorang dan komunitas. Hanya firman Tuhan yang mampu meningkatkan kepedulian dan solidaritas seseorang dan komunitas.  Benar, hanya firman Tuhan. Tidak ada yang lain.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *