Rabu, 20 Mei 2020

SEHAT SEUTUHNYA (3)

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 6:12-20

 

Ayat hafalan : 1 Korintus 6:20

 

 

Setiap orang pasti berharap untuk selalu memiliki tubuh yang sehat. Tetapi sayangnya mereka tidak sungguh-sungguh memperhatikan gaya hidupnya.  Kesehatan yang sempurna hanya berasal dari Allah, namun sebagai orang percaya kita juga memiliki tanggungjawab karena kita menjadi sakit biasanya karena kesalahan kita bukan karena Tuhan tidak memelihara kita.

 

Bagaimana  agar kita mengalami kesehatan dalam kehidupan kita?

Hidup dalam keseimbangan diri

Manusia sebagai gambar dan rupa Allah terdiri dari tubuh, jiwa dan roh. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan harus sama-sama diperhatikan seimbang. Tubuh membutuhkan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup dan olah raga yang tepat. Jiwa membutuhkan kasih, penerimaan, kebergunaan dan keberhargaan. Sementara itu roh kita membutuhkan firman Tuhan, ibadah atau hubungan yang bersifat pribadi dengan Tuhan. Gagal memberikan keseimbangan akan berdampak pada kesehatan, baik secara rohani, jiwani maupun jasmani – tergantung bagian mana yang tidak mendapatkan makanan yang seharusnya.

Hidup dalam pengendalian diri

Setiap manusia memiliki keinginan/kehendak yang ingin dipenuhi. Ada orang yang ingin memuaskan keinginan jasmaninya secara berlebih sehingga menjadi rakus dan kecanduan. Demikian juga secara jiwani, ada orang yang kecanduan secara psikologis untuk dipuji, diterima atau dihargai sehingga melakukan hal-hal yang tidak terpuji dan merusak. Jika kita tidak bisa mengendalikan diri kita, baik secara jasmani maupun jiwani maka kita akan rentan dengan penyakit.

Hidup dalam sukacita

Amsal 17:22 mengatakan: “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Pernyataan  ini sudah terbukti sejak dahulu kala bahkan dunia medis saat ini mendukung kebenaran ini. orang-orang yang suasana hatinya senantiasa bersukacita akan menjadi lebih sehat dibandingan dengan orang yang banyak mengeluh dan bersusah hati.

 

Kesimpulan: Jadi ingin menikmati hidup yang sehat? Kembangkan gaya hidup yang seimbang, mengendalikan diri dan bersukacita senantiasa maka Anda akan sehat, baik secara jasmani, jiwani maupun rohani.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *