Minggu, 17 Januari 2021

SEHAT DI DALAM TUHAN (7)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Filipi 4:1-23

 

Ayat Hafalan: Karena itu, saudara-saudara yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai saudara-saudaraku yang kekasih! Filipi 4:8

 

Pada masa ini hampir semua orang menjadi peduli dengan kesehatan. Apalagi dalam masa pandemi virus Corona memang mengharuskan setiap orang untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya menjaga kesehatan jasmani namun juga menjaga kesehatan rohani agar dapat tetap kuat menghadapi masa-masa sulit seperti sekarang ini.

 

Sebenarnya, ada atau tidak adanya pandemi virus corona, kesehatan merupakan sesuatu yang penting bagi kehidupan. Seseorang dapat bekerja dengan baik bila ia dalam keadaan sehat. Seorang pelajar akan dapat belajar dengan baik bila ia dalam kondisi yang sehat. Kesehatan adalah sebuah modal bagi manusia untuk menjalani segala aktivitasnya. Dengan kesehatan kita bisa melakukan segala hal yang ingin kita lakukan.

 

Jika sedemikian pentingnya kesehatan secara jasmani, apalagi kesehatan secara rohani. Kesehatan secara rohani akan mempengaruhi kesehatan jasmani. Sehat secara rohani berarti memiliki hubungan yang baik dengan Tuhan. Hubungan yang baik dengan Tuhan akan membuat kita menjadi seorang yang kuat dalam menghadapi tantangan kehidupan.

 

Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Dari berbagai faktor yang ada faktor pikiran merupakan faktor yang sangat penting. Pikiran yang positif akan membawa kita kepada sikap yang positif dalam menghadapi segala hal. Dan pada akhirnya akan membawa hal yang positif terjadi dalam hidup kita. Namun sebaliknya pikiran yang negatif akan menyebabkan sikap yang negatif dan pada akhirnya membawa hal yang negatif buat hidup seseorang.

 

Firman Tuhan dalam Filipi 4:8 berkata “Jadi akhirnya, saudara-saudara semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.” Dengan menjaga pikiran kita untuk selalu memikirkan hal-hal tersebut maka kita juga sedang menjaga kesehatan kita, baik secara rohani maupun secara jasmani.

 

Medan pertempuran yang sesungguhnya adalah pikiran, dan setiap orang percaya harus memenangkannya, sebab itulah kunci untuk menjadi seorang pemenang yang sejati. Kita perlu memperhatikan hal-hal yang masuk ke dalam pikiran kita setiap waktu. Pastikan bahwa apa yang masuk kedalam pikiran kita adalah hal-hal yang baik dan benar, hal-hal yang positif dan hal-hal yang sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.

 

Pikiran adalah pintu gerbang terdepan yang harus kita jaga baik-baik bila kita ingin kondisi kesehatan kita baik secara rohani maupun secara jasmani. Sebab bila kita membiarkan hal-hal jahat dan negatif masuk kedalam pikiran kita, maka itu akan mempengaruhi kondisi kesehatan kita baik secara rohani maupun jasmani. Pikiran yang negatif akan menghasilkan energi negatif sehingga akhirnya tindakan dan perkataan kita negatif.

 

Oleh sebab itu mulailah langkah penting ini, yaitu menjaga pikiran kita tetap positif untuk menjaga kesehatan rohani dan jasmani kita. Jangan pernah biarkan hal-hal negatif masuk dan menguasai hidup kita melalui pikiran kita. Sebaliknya biarlah hal-hal yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, serta hal-hal yang disebut kebajikan dan patut dipuji menguasai pikiran kita dari hari ke hari.

 

Selamat menjaga kesehatan rohani dan jasmani kita, Tuhan Yesus memberkati.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *