Jumat, 15 Januari 2021

SEHAT DI DALAM TUHAN (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Mazmur 73:1-28

 

Ayat Hafalan: Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya. Mazmur 73:28

 

Tahukah saudara ternyata ada berbagai benda asing yang terus menyerang tubuh manusia, sehingga mengakibatkan manusia terserang berbagai penyakit. Benda asing yang terus masuk ke dalam tubuh ini ialah “antigen”, ia berupa mikroba seperti bakteri virus, parasit, jamur, dll. Bukan hanya itu, benda-benda asing yang bisa menyerang manusia juga bisa masuk melalui jaringan tubuh orang lain, seperti saat melakukan transplantasi. Dengan fakta ini manusia akan terus diserang berbagai penyakit, karena benda asing ini akan terus ada dan dimana saja.

 

Namun Tuhan yang menciptakan kita sangatlah hebat, Ia sudah mengerti bahwa tubuh manusia akan terus diserang berbagai virus, bakteri, jamur, dll. Sehingga membuat fisik manusia mudah sekali menjadi lemah, sakit, bahkan mengakibatkan meninggal dunia dengan cepat. Lewat sepengetahuan Tuhan ini, maka Ia memberikan solusi hebat bahkan lebih hebat dari kehebatan ilmu kedokteran sampai saat ini, mengapa? Karena solusi dari Tuhan ini, tidak dapat diciptakan manusia sampai saat ini. Solusi itu ialah, Tuhan menciptakan di dalam tubuh manusia sebuah “sistem kekebalan tubuh atau sistem imun”. Sehingga oleh adanya sistem imun ini, ia bekerja untuk menyerang setiap benda asing “antigen” yang masuk kedalam tubuh kita seperti virus, bakteri, jamur, dll. Sehingga manusia tidak mudah lemah dan sakit, sebuah prinsip dasar dimana sistem imun atau kekebalan tubuh ini menjadi sebuah penjaga tubuh manusia terhadap penyakit dan juga menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bayangkan jika satu saja manusia lahir tanpa ada sistem kekebalan tubuh ini? Ia akan mudah lemah dan sakit, karena tidak ada perlawanan dalam tubuhnya ketika virus, bakteri, jamur dan lain-lain Menyerang tubuhnya.

 

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh secara sederhana dapat dipahami sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Akan tetapi, saat sistem imun ini dalam kondisi lemah, tubuh pun akan mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, agar tumbuh kembali kebal terhadap penyakit, sistem imun harus perlu dijaga dan ditingkatkan. Terlebih, belakangan ini buruknya imunitas dikaitkan erat dengan risiko terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. Cara meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan penerapan pola hidup sehat. Berikut yang disarankan beberapa ahli gizi :

 

1. Menghindari stres dan bersikap rileks atau santai

Stres merupakan salah satu sumber penyakit. Semakin tinggi stres, semakin sedikit antibodi dan sel darah putih yang dihasilkan tubuh. Stres bahkan selanjutnya bisa membawa seseorang pada gaya hidup sembarangan, misalnya: Mengasup makanan tidak sehat, Merokok, Minum minuman beralkohol, Berbagai tindakan tersebut jelas bisa semakin menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit. Stres yang dibiarkan bisa menyebabkan perubahan-perubahan fisiologis yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh seseorang. Orang yang mengalami stres sebenarnya sudah mulai memasuki “jenjang sakit”. Tekanan yang terus-menerus mengakibatkan menurunnya zat-zat kimia dalam tubuh, seperti hormon adrenalin dan kortisol, yang akhirnya menekan dan merusak sisten imun dalam tubuh. Dalam berbagai penelitian telah membuktikan, bahwa stres sangat berhubungan dengan menurunnya kinerja Natural Killer Cell, juga sel darah putih, dan antibodi dalam darah.

(Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *