Selasa, 12 Januari 2021

SEHAT DI DALAM TUHAN (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yosua 14:6-15

 

Ayat Hafalan: pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Yosua 14:11

 

Suatu hari, ada 2 orang yang dipanggil Tuhan. Bedanya, orang pertama meninggal dalam usia lanjut. Adapun orang kedua meninggal dalam usia muda karena komplikasi penyakit. Penyebabnya, ia perokok berat, pecandu minuman keras, dan bergonta-ganti pasangan. Keluarganya, teman-temannya, sering menasihatinya, bahkan menegur gaya hidupnya itu. Namun, ia mengeraskan hati sehingga tetap melakukan berbagai kebiasaan buruk yang merusak tubuhnya.

 

Usia kita di tangan Tuhan dan kematian terjadi atas kuasa Tuhan. Namun, menjaga dan merawat tubuh sepenuhnya keputusan kita. Perhatikan hidup Kaleb. Ia orang yang setia mengikut Tuhan dengan sepenuh hati (ay. 9). Bukan hanya dalam hal rohani saja Kaleb menjaga diri, tubuh jasmaninya pun ia jaga dengan sebaik-baiknya. Ia sadar tubuhnya adalah pemberian Tuhan yang harus dijaga baik-baik dan ia tahu janji Tuhan kepadanya harus didapatkan dengan usaha. Untuk mendapatkan Hebron, ia harus berperang dan hal itu butuh kekuatan fisik. Tidak heran, meski usianya sudah 85 tahun, tenaganya masih sama seperti waktu usia 40 tahun (ay. 7-11).

 

Bukan salah kita kalau dilahirkan dalam kondisi sakit atau berkebutuhan khusus. Menjadi salah kita, kalau dilahirkan dalam kondisi sehat dan tumbuh sehat, lalu menjadi sakit-sakitan karena tidak menjaga dan merawat tubuh. Mari kita hargai kehidupan dan usia yang Tuhan berikan kepada kita sampai sekarang, dengan memelihara dan merawat tubuh supaya sehat dan kuat.

 

Pagi ini, jika kita bangun dan merasa bahwa tubuh kita lemah dan semangat kita berkurang karena usia, penyakit atau kebiasaan hidup yang kurang baik, marilah kita memikirkan apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaiki keadaan. Kita harus selalu berdoa memohon agar Tuhan memberi kita kebijaksanaan agar tidak meniru mereka yang menyia-nyiakan kesempatan yang ada untuk mempunyai kesehatan yang baik. Sebaliknya kita harus memilih cara hidup yang sehat, healthy living, agar kita dapat memakai kekuatan tubuh jasmani kita selama mungkin untuk tujuan-tujuan yang baik demi kemuliaan Tuhan. Itulah yang dikehendaki Tuhan selama kita hidup di dunia ini.

 

Pergunakanlah waktu dan tenagamu untuk melatih diri supaya engkau tetap sehat secara rohani. Latihan-latihan jasmani itu baik, tetapi latihan rohani jauh lebih penting dan merupakan daya pendorong dalam segala yang kaulakukan. Jadi, latihlah diri secara rohani dan jadilah orang Kristen yang lebih baik, karena hal itu tidak saja bermanfaat dalam hidupmu sekarang ini, tetapi juga dalam hidupmu yang akan datang. Inilah kebenaran yang harus diterima oleh semua orang. Kita bekerja keras dan mengalami banyak penderitaan dalam usaha meyakinkan orang akan kebenaran itu, karena kita berharap kepada Allah yang hidup, yang telah mati untuk semua orang, khususnya untuk mereka yang telah menerima keselamatan yang disediakan-Nya.

 

MERAWAT DAN MENJAGA TUBUH ADALAH SALAH SATU BUKTI KITA MENGHARGAI BERKAT TUHAN

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *