Senin, 11 Januari 2021

SEHAT DI DALAM TUHAN (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 3:10-23

 

Ayat Hafalan: Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 1 Korintus 3:16

 

Saat ini banyak orang mulai menyadari bahwa tubuh yang sehat adalah aset berharga sehingga perlu dijaga. Ada banyak cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan, mulai dari mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, istirahat yang cukup hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Tentu saja merawat kesehatan jasmani itu perlu dan harus dilakukan, karena dengan tubuh yang sehat kita dapat melakukan berbagai aktivitas dengan maksimal. Bahkan Firman Tuhan sendiri mengatakan bahwa tubuh kita adalah bait Allah yang perlu diperlihara (1 Korintus 3:16).

Kesehatan jasmani yang baik belumlah lengkap bila tanpa rohani yang sehat. Karena bahaya yang sebenarnya akan terjadi tatkala kita tidak sehat secara rohani. Hal itu akan membuat hubungan pribadi kita dengan Tuhan terasa hampa dan tanpa gairah. Dampaknya pada keseharian kita sangat besar. Sukacita berkurang, kehilangan damai sejahtera, emosi menjadi labil dan berbagai dampak negatif lainnya. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar kesehatan rohani dapat terjaga. Kita dapat melakukannya dengan rutin mengikuti ibadah dan acara-acara kerohanian baik secara onsite maupun online (Ibrani 10:25), membaca dan merenungkan firman Tuhan dan memiliki waktu pribadi untuk berdoa dan menyembah Tuhan.

Memang firman Tuhan lebih menekankan pentingnya keadaan rohani kita sebab itulah yang memungkinkan kita untuk menjumpai Tuhan di surga setelah tugas kita di dunia berakhir. Kita yang sudah dilahirkan dalam dosa sebagai keturunan Adam dan Hawa, bisa menerima keselamatan surgawi dalam Kristus. Karena itu, secara rohani tubuh kita sudah diperbaharui.

 

Walaupun demikian, hal itu tidak berarti bahwa kita boleh menyia-nyiakan tubuh jasmani kita; karena selama kita hidup di dunia, kita juga dapat memuliakan Tuhan dengan kemampuan jasmani kita. Jika kita mengabaikan kesehatan dan menelantarkan tubuh jasmani kita, sudah tentu kita mengurangi kesempatan untuk dapat memuliakan Dia yang menciptakan kita.

 

Banyak orang Kristen yang menggebu-gebu dalam kerohanian tetapi kurang mau memperhatikan kesehatan jasmaninya. Padahal, sebagai manusia kita diciptakan dalam satu paket yang terdiri dari roh dan tubuh. Hidup baru dalam Kristus seharusnya tidak hanya mengubah pandangan kita akan bagaimana memelihara kehidupan rohani kita tetapi juga pandangan kita tentang hal menjaga kehidupan jasmani kita.

 

Bila Anda adalah seorang yang rutin menjaga kesehatan tubuh Anda, mulai hari ini pastikan juga Anda memiliki rohani yang sehat. Sedangkan bagi Anda yang selama ini tidak begitu memperhatikan kesehatan tubuh Anda, mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat. Mulailah berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan istirahatlah yang cukup, serta jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebugaran rohani Anda. Percayalah, bila tubuh Anda dan roh Anda sehat, maka Anda akan semakin efektif dalam menyelesaikan segala tugas dan tanggung jawab yang Tuhan berikan, dan hidup Anda akan maksimal.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *