Rabu, 09 Juni 2021

ROH MANUSIA (3)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yosua 1:1-18

 

Ayat Hafalan: Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Yosua 1:8

 

Yosua 1:8 “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

 

Ronny dan Ronald adalah saudara kembar yang sangat mirip sekali wajah dan perawakannya, bagai pinang dibelah dua. Namun seiring bertambahnya usia anak Ronny dan Ronald mulai menunjukkan hobi dan karakter yang berbeda. Ronny sangat aktif dan hobi makan, sedangkan Ronald cenderung pendiam dan sulit makan. Ronny bisa makan dengan porsi tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan adiknya. Pertumbuhan badan mereka sangat kontras. Ronny besar perawakannya, sedangkan Ronald terlihat sangat kurus dan kecil. Orang-orang di sekelilingnya dapat dengan mudah membedakan mana Ronny dan mana Ronald. Ronny juga kerap jatuh sakit setiap kali pergantian cuaca.

 

Perbedaan yang kontras antara Ronny dan Ronald merupakan gambaran jelas tentang kondisi tubuh kita secara rohani. Jika kita malas atau jarang memberi makan tubuh rohani kita, maka bisa dipastikan tubuh rohani kita kurus dan kecil seperti Ronald, sehingga kita menjadi lemah dan tidak punya kuasa untuk menolak dosa. Banyaknya firman yang kita terima menentukan seberapa besar manusia roh kita dapat bertumbuh. Semakin sering kita membaca dan mendengar firman, maka semakin besar kesempatan manusia roh atau tubuh rohani kita bertumbuh besar dan kuat. Dengan demikian kita bertumbuh menjadi pribadi yang kuat menolak semua godaan dan daya tarik dunia yang menguasai hidup kita selama ini.

 

Jika kita rindu bertumbuh menjadi raksasa rohani yang berguna bagi Tuhan dan jiwa-jiwa, syarat mutlaknya adalah kita harus mengkonsumsi firman Tuhan setiap hari. Milikilah kedisiplinan dalam membaca dan merenungkan firman Tuhan. Bila perlu, buatlah sebuah komitmen dengan Tuhan untuk menyisihkan waktu khusus untuk firman Tuhan sampai firman itu meresap dan berakar kuat dalam hati dan hidup kita, supaya kita dapat bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis dalam kitab suci, dengan demikian perjalanan kita akan berhasil, dan beruntung.

 

Semakin sering kita MEMBACA dan MENDENGAR FIRMAN, semakin besar kesempatan MANUSIA ROH kita BERTUMBUH BESAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *