Senin, 31 Mei 2021

ROH KUDUS SAHABAT SEJATI KITA

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 14:15-31

 

Ayat Hafalan: tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu. Yohanes 14:26

 

Semua manusia membutuhkan hiburan, baik anak-anak, orang dewasa bahkan usia senja pun tidak terkecuali. Perhatikan tayangan televisi hari-hari ini, banyak menawarkan unsur-unsur hiburan, mulai dari komedian, sampai kepada film-film yang bertehnologi tinggi. Konon TUKUL pembawa acara di salah satu stasiun tv swasta dibayar sangat mahal tiap episodenya karena kemampuannya menghibur yang bagus. Banyak usaha dilakukan manusia untuk memperoleh hiburan, sebagian pergi ke malL, ke taman hiburan, biosko, ke villa di Batu, pantai di Kenjeran, dll.

 

Hari-hari ini timbul satu kesan, bahwa hidup yang berbahagia adalah hidup yang dipenuhi dengan berbagai hiburan. Tetapi pertanyaan nya sekarang adalah, apakah hal-hal yang dari dunia ini bisa memberi kepuasan akan kebutuhan hiburan bagi manusia ? untuk sementara mungkin jawababnnya iya, tetapi harus disadari bahwa semua hiburan yang ditawarkan dunia sifatnya sangat terbatas dan sementara. Sebagai contoh banyak orang pergi nonton ke bioskop tujuannya supaya terhibur dari berbagai masalah atau situasi yang sulit, tetapi setelah selesai menonton apakah rasa stres hilang, jawabannya tentu tidak, yang tejadi justru tambah stres karena film yang ditonton membutuhkan perhatian tersendiri.

 

Tuhan Yesus saat-saat terakhir akan naik kesurga meninggalkan murid-murid-Nya, menyadari bahwa murid-murid akan sedih, mungkin juga takut, itu sebabnya Yesus berkata bahwa sampai di surga, Dia akan mengutus ROH KUDUS sebagai Roh penolong, penghibur bagi Murid-murid. Yesus tahu bahwa Hanya Roh Kudus yang sanggup memberi penghiburan sejati pada Murid-murid. Penghiburan sejati merupakan kebutuhan setiap manusia, kalau saja semua manusia menyadari bahwa dia membutuhkan Roh Kudus tidak akan ada yang namanya, putus asa, bahkan tindakan bunuh diri. Banyak manusia menjadi stres karena mencoba mengatasi segala problem di hidup ini dengan kekuatan sendiri.

 

Penghiburan dari manusia juga sangat terbatas, hubungan antar manusia masih dipenuhi dengan prasyarat-prasyarat, saat teman kita baik kita masih baik, tetapi saat teman jahat sanggupkah kita masih baik, belum tentu. Hubungan manusia juga adalah hubungan yang saling meninggalkan atau di tinggalkan. secinta-citanya seorang suami – Istri satu saat mereka harus siap berpisah. itulah keterbatasan cinta manusia, itujuga sebabnya Tuhan dalam kitab Yeremia berkata terkutuklah orang yang mengandalkan manusia.

 

Sangatlah bijaksana saat kita menyadari bahwa dalam diri kita sudah diberi Roh Kudus dari semula sebagai penolong dan penghibur kita. Sangatlah bijaksana saat kita belajar memberi diri dipimpin Roh Kudus, dan sangatlah penting untuk selalu kita mengingat bahwa dalam keadaan apapun Roh Kudus setia menolong kita. Mari Andalkan Roh Kudus, maka Ia akan memuaskan hati yang kosong dan hampa. Mari andalkan Roh Kudus, maka Ia akan menghibur hati sedih, dan menguatkan hati lemah.

 

Biar renungan hari ini menutup seluruh pelajaran kita tentang Roh Kudus di bulan ini dengan satu kesimpulan, bahwa hanya Roh Kudus yang sanggup memberikan penghiburan yang sejati, sanggup mengubahkan kehidupan kita dan sanggup memberikan kuasa dari Surga agar kita mampu untuk mengabarkan tentang Kerajaan Allah diseluruh muka bumi. Alami perjumpaan dengan Roh Kudus, maka hidup anda semakin dipulihkan. Sampai berjumpa di bulan Juni 2021, Tuhan Yesus memberkati.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *