Rabu, 12 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: PRIBADI ROH KUDUS (3)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 2:6-16

 

Ayat Hafalan: Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah. 1 Korintus 2:11

 

Ada banyak pengertian yang salah mengenai identitas Roh Kudus. Ada beberapa yang menganggap Roh Kudus sebagai satu kuasa mistis, Yang lain menganggap Roh Kudus sebagai satu kuasa yang Allah bagi para pengikut Kristus. Ada juga yang beranggapan bahwa Roh Kudus hanyalah sebagai seorang malaikat. Apa yang Alkitab katakan mengenai identitas Roh Kudus? Secara sederhana, Alkitab  mengatakan bahwa Roh Kudus adalah Allah. Alkitab juga mengatakan bahwa Roh Kudus adalah pribadi yang memiliki akal budi, perasaan dan kehendak.

Fakta bahwa Roh Kudus adalah Allah dapat dilihat dengan jelas dalam banyak ayat-ayat Alkitab, termasuk dalam Kisah 5:3-4. Dalam ayat ini Petrus mengkonfrontir Ananias yang berbohong kepada Roh Kudus dan
memberi tahu kepada dia bahwa Ananias bukan ” mendustai manusia, tetapi mendustai Allah.” Ini adalah merupakan sebuah  pernyataan yang jelas bahwa berbohong kepada Roh Kudus adalah berbohong kepada Allah.

 

Kita juga mengetahui bahwa Roh Kudus adalah Allah karena Dia memiliki atribut-atribut atau karakteristis-karakteristis Allah. Contoh;

 

  • Roh Kudus Maha hadir. Dalam Mazmur 139:7-8 dicatat ” Ke mana aku dapat pergi menjauhi Roh-Mu? Ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu? Jika aku mendaki kelangit, Engkau ada disana; Jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, disitupun Engkau”. Kemudian di dalam 1 Korintus 2:10 kita menemukan kemahatahuan dari Roh Kudus. ” Karena kepada kita Allah telah menyatakan oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan diantara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia, selain roh ma usia yang ada didalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.

 

  • Roh Kudus memiliki Akal budi, perasaan dan kehendak. Roh Kudus berpikir dan mengetahui (1 Korintus 2:10). Roh Kudus dapat berduka (Efesus 4:30). Roh Kudus berdoa syafaat bagi kita (Roma 8:26-27). Roh Kudus membuat keputusan sesuai dengan kehendakNya (1 Kor 12:7-11).

 

Roh Kudus adalah Allah, ” Pribadi” ketiga dari Trinitas. Sebagai Allah,  Roh Kudus dapat betul berfungsi sebagai Penghibur dan Penasehat yang Yesus janjikan ( Yohanes 14:26 dan Yoh 15:26 ).

Siapakah murid-murid Tuhan yang menjungkirbalikan dunia pada masa itu, mereka adalah orang-orang biasa, nelayan yang sederhana, tidak memiliki kemampuan yang khusus namun kuasa Roh Kudus memampukan mereka untuk melakukan perkara-perkara yang besar bagi Allah. Demikian juga dengan kehidupan kita, ketika kita semakin mengijinkan kehidupan kita dikuasa oleh Roh Kudus maka Tuhan bisa memakai setiap kita untuk menyatakan Kuasa-Nya yang ajaib dan mulia.

 

Kehadiran Pribadi Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya menjadi bagian yang sangat penting. Agar kita dapat bertumbuh dan semakin menjadi serupa dengan Kristus.

 

Roh Kudus memperlengkapi orang percaya untuk dapat melayani Tuhan dan dipakai oleh Tuhan dengan KuasaNya untuk menjadi saksi-saksi Tuhan diatas muka bumi ini.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *