Selasa, 11 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: PRIBADI ROH KUDUS (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Yohanes 4:1-21

 

Ayat Hafalan: Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, 1 Yohanes 4:2

 

(Sambungan…)

 

Jika kita melihat kembali, ketika Tuhan Yesus akan memulai pelayanan-Nya di dalam dunia ini, Roh Kudus turun atas Dia dalam bentuk merpati (Mat. 3:16) dan Roh tersebut memenuhi Dia dengan kuasa untuk berkhotbah dan melakukan mujizat (Yes. 11:2-3, 42:1, 61:1; Luk. 4:1, 14, 18; Yoh. 1:32, 3:34). Roh Kuduslah yang akan memperlengkapi kita untuk melayani Allah (Bil. 27:18; Ul. 34:9; Hak. 3:10), untuk menyampaikan kebenaran—berkhotbah (Kis. 1:8; Rm. 15:19; 1Kor. 2:4), untuk berdoa (Rm. 8:26; Ef. 2:18). Dia juga yang memberikan kelahiran baru (regeneration) bagi kita (Yoh. 3:5), menguduskan dan menyucikan kita dalam pikiran dan tindakan kita (Rm. 8:4, 15-16; 1Kor. 6:11; 2Tes. 2:13; Tit. 3:5; 1Pet. 1:2), dan Roh Kudus akan bersedih ketika kita berbuat dosa (Ef. 4:30).

 

Roh Kudus dan Pelayanan
Roh Kudus bukanlah sebuah impersonal force, Dia adalah Allah sendiri, Pribadi Ketiga dari Allah Tritunggal, Dia hidup! Dialah yang berinisiatif mewahyukan firman kepada para penulis Alkitab. Hal lain yang bisa kita lihat yaitu melalui pekerjaan Roh Kudus sendiri didalam gereja kita Imamat Rajani. Bagaimana Tuhan memimpin setiap langkah demi langkah yang ada selama ini. Tanpa Roh Kudus yang menyertai dan memimpin gereja kita, tidak mungkin gereja ini bisa ada sampai pada tahun yang ke 21. Banyak sekali pelayanan dan pekerjaan yang sudah dilakukan dalam 21 tahun gereja kita berdiri. Bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi dan berjalan jika Roh Kudus tidak memimpin gereja-Nya? Bukankah hal ini merupakan salah satu pekerjaan Roh Kudus yang terpenting?

Roh yang sama pula juga ada dalam masing-masing diri kita. Roh tersebut menyadarkan akan dosa kita dan mencelikkan pikiran kita terhadap kebenaran firman Tuhan. Dia juga yang memimpin kita di dalam setiap langkah berjalan dengan Tuhan. Sebagai orang Kristen, seharusnya kita memiliki kepekaan terhadap pengajaran-pengajaran yang salah yang makin menyebar pada zaman ini. 1 Yohanes 4:1 memperingatkan kita supaya kita jangan memercayai setiap roh secara mudah, namun ujilah roh tersebut karena bisa saja roh tersebut merupakan roh palsu yang akan menyesatkan kita. Sudah banyak sekali hal demikian yang bisa kita lihat dalam sejarah pengajaran-pengajaran Kristen yang salah. Sayangnya, manusia berdosa sering kali tidak mau mendengarkannya, padahal Alkitab sendiri mengatakan untuk menguji roh tersebut.

 

Kita juga perlu menguji diri kita sendiri, bagaimanakah hidup kita pada saat ini, apakah benar kita sudah dipimpin oleh Roh Kudus? Atau kita berjalan makin menjauh dari Tuhan? Ketika kita sudah mengetahui bagaimana pekerjaan Roh Kudus dalam dunia ini, kita seharusnya menyadari betapa pentingnya peran Roh Kudus dalam hidup pribadi kita sekarang. Tanpa Roh Kudus, tidak mungkin kita bisa memiliki iman kepada Kristus, mengetahui kebenaran Kitab Suci, atau sadar akan dosa-dosa kita. Ketika kita sudah tidak peka terhadap dosa, kita seharusnya menjadi takut. Mengapa? Mungkin saja hidup kita sudah tidak dipimpin Roh Kudus dan sedang mendukakan-Nya. Kita menjadi terhilang dalam dunia ini, dan jauh dari Allah. Dalam sisa waktu yang ada di dalam hidup ini, biarlah kita merenungkan dan berusaha mencari apa yang menjadi kehendak Tuhan di dalam masing-masing diri kita. Tuhan sudah memberikan Roh Kudus untuk memimpin hidup kita, sama seperti Roh yang telah memimpin hidup para rasul, orang-orang percaya lainnya, sehingga kita bisa beroleh dan mengerti kebenaran firman. Bukan hanya itu, kita juga diberikan keberanian dalam memberitakan kebenaran tersebut! Firman Tuhan bukanlah hanya untuk disimpan bagi diri kita sendiri, take it for granted, namun juga untuk dibagikan kepada orang lain yang masih tersesat dalam dunia ini. Kiranya Roh Kudus boleh terus bekerja dalam diri kita, menginsafkan kita terhadap dosa-dosa kita, serta memimpin hidup kita dalam dunia ini!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *