Rabu, 26 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: PENCURAHAN ROH KUDUS (3)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Kisah Para Rasul 2:14-40

 

Ayat Hafalan: Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus. Kisah Para Rasul 2:38

 

(Sambungan…)

 

Kisah Para Rasul 2:14-21, 37-40 (baca) Petrus yang diurapi Roh Kudus dengan berani berdiri dan tampil untuk berkhotbah di depan ribuan orang. Pada waktu Petrus berkhotbah, orang banyak yang mendengar dan menerima perkataannya bertobat dan memberi diri di baptis, pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Itulah PENUAIAN JIWA, yang Tuhan artikan sebagai hari PANEN RAYA pada hari Pentakosta. Sejak peristiwa itulah maka gereja mula-mula berdiri, dan setiap hari Tuhan menambahkan jumlah mereka.

Dibaptis dengan Roh Kudus artinya hidup kita sepenuhnya diliputi oleh Roh Kudus, dipenuhi dan ditenggelamkan dalam Roh Kudus, sebagaimana dibaptis dengan air, “Bapto” dicelup atau ditenggelamkan. Dipenuhi oleh Roh Kudus sama halnya dipenuhi oleh kemuliaan Allah.

 

Dalam bagian penutup dari doa Bapa kami Tuhan Yesus mengajarkan kepada kita untuk mendeklarasikan bahwa “Engkaulah yang empunya kerajaan, dan kuasa, dan kemuliaan sampai selama-lamanya.” Tuhan Yesus menyatakan ada tiga aspek kakuatan Allah yang saling terkait, yang tidak terpisahkan satu dengan lain. ketiganya dalah milik Bapa dan juga kita anak-anak-Nya. ketiganya adalah supranatural.

Kerajaan adalah pemerintahan Allah, itulah pemerintahan surga, kuasa adalah otoritas dan kemampuan Allah yang tanpa batas, itulah otoritas dan kemampuan surga dan kemuliaan adalah manifestasi dari hadirat Allah atau kehadiran Allah, itulah atmosfir surga.

 

Untuk masuk dalam kemuliaaan Allah/ hadirat Allah, maka langkah pertama manusia dituntut harus BERTOBAT. Jika kita rindukan Roh Kudus memenuhi kita, maka kita harus bertobat, karena dalam kemuliaan Allah, kemuliaan kita (kekayaan, kepandaian, harta, gelar kita sebagai manusia) tidak ada apa-apa jika dibandingkan dengan kemulaan Tuhan. Kita harus bertobat kembali dari semua kesombongan dan harga diri, harus ada pembaharuan kembali, maka akan terjadi kesembuhan luka batin, kesembuhan tubuh, pemulihan, kelepasan dari kuasa dosa, kutuk, serta kuasa iblis dan roh-roh jahat. Dimana ada hadirat Tuhan di sana ada pewahyuan, ada kepekaan akan suara Roh Kudus, Tuhan akan memberikan kekuatan supaya roh kita menyala-nyala untuk melayani Tuhan, bersaksi dan memenangkan jiwa untuk Tuhan.

 

Karena tidak ada seorangpun yang dapat melakukan kehidupan kristen, apalagi untuk melaksanakan panggilannya apabila mengandalkan kekuatannya sendiri, sebab kekuatan kita sangat terbatas. Kita membutuhkan pengurapan Roh Kudus Zakaria 4:6; 1 Korintus 2:45 . Hidup kita perlu di recharge kembali, itu sebabnya kita butuh dipenuhi Roh Kudus, dan diisi firman Tuhan setiap saat supaya hidup kita tetap menyala untuk Tuhan.

 

Baptisan Roh Kudus merupakan pertolongan yang sangat besar dari Allah Bapa surgawi bagi semua orang percaya yang ingin hidup sebagai orang-orang yang berkemenangan dan menghasilkan buah-buah rohani dalam kehidupan dan pelayanan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *