Senin, 24 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: PENCURAHAN ROH KUDUS (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yoel 2:1-32

 

Ayat Hafalan:  “Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. Yoel 2:28

 

Hari Pentakosta adalah hari raya yang penting, karena hari Pentakosta adalah hari lahirnya Gereja Tuhan di bumi ini. Sejarah mencatat dalam alkitab bahwa pada hari pentakosta dua ribu tahun yang lalu terjadi sebuah peristiwa yang luar biasa yaitu Roh Kudus mencurahkan kuasa dan urapan-Nya kepada 120 orang yang setia menantikan janji Bapa digenapi, mereka dengan tekun sehati berdoa bersama di lantai atas (upper room) sebuah rumah di Yerusalem.

 

PENTEKOSTE HEMERA (Yunani) artinya hari ke lima puluh. Hari Pentakosta untuk orang Yahudi adalah hari raya panen besar shavuot untuk mengenang panen pertama ketika mereka masuk tanah Kanaan mereka mempersembahan semuanya kepada Tuhan sebagai ucapan syukur, dan hari raya ini dirayakan setiap tahun. Bagi kita umat kristen hari Pentakosta adalah hari yang kelima puluh dihitung setelah hari kebangkitan Kristus, dan sepuluh hari setelah hari kenaikan Tuhan Yesus ke surga. Itulah hari pencurahan Roh Kudus.

Roh Kudus bukan hanya kuasa melainkan salah satu Pribadi dari Allah Tritunggal. Kuasa-Nya dicurahkan pada hari Pentakosta, setelah Tuhan Yesus naik ke surga. Oleh sebab itu, mulai dari hari Pentakosta sampai kedatangan Tuhan Yesus kedua kali, adalah zaman Roh Kudus bekerja di bumi ini.

Banyak orang Kristen hanya minta kuasa Roh Kudus, tanpa mereka mengerti bahwa Pribadi Roh Kudus itulah yang sangat penting. Pada saat seseorang dilahirkan kembali oleh Roh Kudus, yaitu bertobat dan menerima Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadinya, maka pada saat itulah Roh Kudus mendiami hidupnya. Itu namanya dibaptis ke dalam kehidupan yang baru, satu kehidupan di dalam persekutuan dengan Tuhan Yesus, tapi ketika Tuhan Yesus menghembuskan Roh Kudus kepada para murid, Tuhan Yesus juga berpesan supaya mereka harus menantikan janji Bapa digenapi.

 

Apa itu janji Bapa ?
Itulah pencurahan Roh Kudus Yoel 2:28-29 (baca) Pada waktu janji Bapa digenapi, kita mengalami BAPTISAN ROH KUDUS, artinya tenggelam dan dipenuhi oleh Roh Kudus. Kita membutuhkan pengurapan Roh Kudus karena hidup kita ini teserap dengan berbagai macam pergumulan di dalam dunia ini, itu sebabnya kita selalu membutuhkan pengurapan yang baru.

Bertepatan dengan hari raya panen itu, justru Tuhan mencurahkan Roh Kudus, yaitu ketika Roh Kudus turun ke di bumi ini, dan tampaklah lidah-lidah seperti nyala api di atas kepala seratus dua puluh murid yang sedang bertekun berdoa dan bersehati menantikan janji Bapa selama sepuluh hari Kisah Para Rasul 1:14. Dimana ada kesehatian di sanalah Tuhan memerintahkan berkat Mazmur 133:1-3 

 

Jika ada kesehatian dalam keluarga, royal community, gereja, dan kehidupan bermasyarakat maka Tuhan akan mencurahkan berkat.

 

( Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *