Sabtu, 08 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: MENGENAL ROH KUDUS (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 2 Korintus 3:1-18

 

Ayat Hafalan: Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 2 Korintus 3:17

 

Roh Kudus merupakan sumber kebenaran dan sudah tertulis di dalam Alkitab, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu? (Yohanes 14:16-17).

 

Arti Dari Roh Kudus

 

Ada banyak arti dari Roh Kudus untuk kita sebagai umat Kristen di dunia ini dan pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas secara tuntas tentang apa arti dari Roh Kudus.

 

1. Roh Kudus Adalah Tuhan

Rasul Paulus telah mengajarkan pada kita jika para malaikat merupakan arti Roh Kudus yang melayani manusia dengan tujuan supaya manusia bisa memperoleh keselamatan. Akan tetapi, Roh Kudus sendiri bukanlah malaikat yang secara murni merupakan spiritual akan tetapi Roh Kudus sendiri adalah Tuhan. Dalam Kitab Yohanes tertulis jika Allah merupakan Roh dan Rasul Paulus juga menuliskan hal yang serupa yakni, “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan”. Kita sebagai manusia sudah merdeka dari dosa dan ini bisa terjadi karena Roh Kudus yang sudah memberikan pengertian langsung pada kita umat-Nya dan tujuan kita merdeka adalah supaya bisa mengarahkan hati kita pada hal yang berhubungan dengan surgawi.

 

2. Roh Kudus Adalah Pemberi Kehidupan

Roh bisa diartikan dengan nafas untuk tubuh kita yang menjadi pertanda dari kehidupan. Sehingga Roh memiliki arti kehidupan. Di dalam Perjanjian Lama tertulis jika Roh Allah sendiri yang sudah memberikan kehidupan untuk seluruh makhluk yang ada di muka bumi. Disaat Allah memberikan kehidupan untuk manusia, maka Ia menghembuskan Roh-Nya. Dalam Kejadian 2:7 juga sudah tertulis “ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.” Rasul Yohanes juga memberikan penegasan jika untuk memperoleh kehidupan kekal, maka kita sebagai manusia haruslah terlahir dari air dan juga Roh, sebab Roh akan memberikan kehidupan dan oleh Roh Kudus yang sudah dikaruniakan untuk kita semua, maka kasih Allah juga sudah dicurahkan ke setiap hati kita sehingga kita bisa memperoleh kehidupan.

 

3. Roh Kudus Berasal Dari Bapa dan Putra

Artinya Roh Kudus memang menjadi satu dengan Allah Bapa dan Putera. Putera merupakan sabda atau kebijaksanaan yang berasal dari Allah dan Roh Kudus sendiri merupakan kasih yang berasal dari Allah Bapa dan Putera. Inilah yang menjadi penyebab Roh Kudus berasal dari Bapa dan Putera dan tidak hanya berasal dari Allah Bapa saja.

 

4. Roh Kudus, Bapa dan Putra Untuk Dimuliakan

Oleh karena Roh Kudus sehakekat dengan Allah dan Putera, anak sudah sepantasnya jika Roh Kudus serta dua Pribadi lainnya untuk dimuliakan dan di sembah. Yesus juga sudah memberi pengajaran pada kita jika Ketiga Pribadi Allah tersebut sudah terikat dalam sebuah kesatuan yakni Tritunggal Maha Kudus dan Yesus juga berkata “Baptislah mereka dalam nama Bapa Putera dan Roh Kudus

 

5. Roh Kudus Bersabda Lewat Perantaraan Nabi

Yang dimaksud dengan Roh Kudus bersabda dengan perantaraan dari para Nabi adalah untuk menekankan jika Roh Kudus merupakan Tuhan. Pribadi Roh Kudus sendiri yang sudah berbicara lewat perantaraan para Nabi dan ini juga dipertegas kembali oleh Petrus, “sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.” dan juga Nabi Yesaya yang juga menyadari jika Roh Allah sendiri yang sudah mengutusnya. (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *