Jumat, 21 Mei 2021

REVIVAL OF HOLY SPIRIT: KUASA ROH KUDUS (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 16:1-15

 

Ayat Hafalan:  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Yohanes 16:13

 

(Sambungan…)

 

Setelah kita menerima kelahiran kembali oleh Roh Kudus (Yohanes 3:3-8) dan menjadi manusia baru (2 Korintus 5:17), Roh Kudus akan membuat kita menjadi bagian dari tubuh Kristus (1 Korintus 12:13). Secara pribadi juga perlu menerima Baptisan Roh Kudus yang akan menyebabkan kita lebih mengasihi, menghormati, mengagungkan, dan memuliakan Allah Bapa dan Tuhan Yesus Kristus (Yohanes 16:14; Kisah Rasul 4:12). Karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita melalui Roh Kudus (Roma 5:5), maka Dialah yang membuat kita meresponi kasih Allah dan membuat kasih itu bertumbuh dalam hati kita. Roh Kudus akan meningkatkan kesadaran akan hubungan kita dengan Bapa di sorga di mana Roh Kudus bersaksi bersama dengan roh kita bahwa kita adalah anak-anak Allah dan dapat menyebut Dia Bapa (Roma 8:15-16).

Roh Kudus akan menyebabkan kita akan lebih mengasihi firman kebenaran karena Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang mengilhami seluruh penulisan Alkitab (2 Timotius 3:16). Kita akan semakin haus dan lapar serta bergairah untuk mempelajari dan melakukan firman Tuhan (Kisah Para Rasul 2:42; 1 Yohanes 4:6).
Roh Kudus akan menolong kita untuk mematikan perbuatan-perbuatan kedagingan (Roma 8:13-14) dan hidup dipimpin oleh-Nya (proses pengudusan). Dia menghasilkan sifat-sifat Kristus di dalam diri kita (buah-buah Roh Kudus, Galatia 5:22-23). Roh Penghibur membantu kita dalam kelemahan dan bersyafaat bagi kita ketika kita berseru kepada Allah (Roma 8:26-27) termasuk memberikan penghiburan dan sukacita.

 

Roh Kudus juga akan memperdalam kasih dan belas kasihan kita terhadap sesama saudara dalam Kristus (Kisah Para Rasul 4:32-37). Kerinduan untuk unity dan persekutuan yang tulus dan sejati hanya dapat terjadi di dalam persekutuan dengan Roh Kudus. Pribadi Roh Kudus pun akan membuat kita tidak lagi suka akan perbuatan dosa, self-centered life style, keinginan daging, keinginan mata serta keangkuhan hidup (Kisah Para Rasul 8:14-24; 20:33-35). Roh Kudus juga akan memberikan kita keinginan dan kuasa untuk bersaksi tentang karya keselamatan dari Tuhan Yesus Kristus; menginginkan orang lain juga diselamatkan dan hidup dalam persekutuan dengan Tuhan (Roma 9:1-3). Diri kita tidak lagi egois dan memikirkan kepentingan diri sendiri lagi tapi akan terbeban memikirkan orang lain dan jiwa-jiwa yang terhilang. Roh Kudus akan menyebabkan kita semakin peka terhadap kehadiran, suara, bimbingan dan karya Allah dalam hidup dan pelayanan kita.

 

Di dalam perumpamaan tentang gadis-gadis yang bodoh dan bijaksana dalam Matius 25, perbedaan yang sesungguhnya adalah ke lima gadis bijaksana itu melambangkan kelompok yang siap, berjaga-jaga dan selalu dipenuhi oleh Roh Kudus. Mereka membawa pelita (dipenuhi firman) dan minyak persediaan (dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus). Sementara gadis yang bodoh hanya membawa pelita tetapi tidak membawa persediaan minyak. Pelita gadis bodoh memang bisa menyala (karena ada minyak), tetapi suatu saat akan padam karena mereka tidak membawa persediaan minyak. Persediaan minyak artinya adalah keadaan yang selalu dipenuhi oleh Roh Kudus.

 

Kita tidak akan mampu melewati masa-masa sukar ke depan seperti yang ditulis dalam 2 Timotius 3:1-7 dan Matius 24 (great tribulation) jika kita tidak dipenuhi dan hidup dipimpin oleh Roh Kudus. Berarti pencurahan Roh Kudus dalam hidup kita sebagai pribadi orang percaya dan Gereja Tuhan adalah sangat penting. Milikilah kerinduan yang sangat untuk dipenuhi oleh Roh Kudus senantiasa dengan cara menyalibkan kedagingan setiap hari agar Roh Kudus semakin dapat menguasai kita; serta minta Roh Kudus senantiasa memperbaharui roh kita karena anggur yang baru memerlukan kantong anggur yang baru pula.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *