Jumat, 04 Juni 2021

REVIVAL OF BODY, MIND & SPIRIT (4)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Yohanes 3:1-10

 

Ayat Hafalan: Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. 1 Yohanes 3:9

 

Manusia terdiri dari  tubuh (body), jiwa (soul) dan roh (spirit). Tubuh dan jiwa adalah “hardware” dan “software”, sama seperti binatang juga punya tubuh dan jiwa tapi dengan level yang berbeda.

 

ROH (SPIRIT)

Ketika manusia menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat, maka Roh Kudus masuk bersatu dengan roh (spirit) orang itu menjadi ‘Lahir Baru’. Pada saar ‘lahir baru’ maka roh manusia diubah menjadi baru (kudus) karena dipersatukan dengan Roh Kudus, sehingga tidak dapat berbuat dosa lagi (1 Yohanes 3:9) Roh manusia yang dilahirkan menjadi ciptaan baru ini adalah penjelasan Tuhan Yesus kepada Nikodemus. Jika roh manusia tidak dilahirkan kembali oleh masuknya Roh Kudus ke dalam hidupnya, maka roh orang itu tidak bisa masuk surga (Yohanes 3:3) Roh manusia hanya bisa masuk ke surga jika dibawa oleh Roh Kudus masuk surga bertemu dengan Allah Bapa. Roh manusia yang tidak bersatu dengan Roh Kudus tidak bisa masuk surga dan akan masuk neraka. Roh Kudus bisa masuk ke dalam diri manusia, jika orang itu mengaku Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat pribadinya (1 Korintus 12:3). Itulah sebabnya Tuhan Yesus menyatakan bahwa tidak ada seorangpun tidak bisa masuk ke surga kalau tidak melalui DIA. Manusia penganut agama-agama dunia, tidak memiliki Roh Kudus dalam hidupnya, sehingga ketika mati rohnya ditolak masuk ke surga (Yohanes 14:6) Roh manusia yang sudah dipersatukan dengan Roh Kudus TIDAK BISA dikutuki (diserang) orang roh setan. Roh manusia yang tidak punya Roh Kudus, bisa diserang dan dipakai oleh roh setan untuk melakukan dosa, misalnya melakukan perjalanan roh di luar tubuh (astral projection), melakukan berbagai dosa ritual roh (pesugihan, dll.).

 

KUTUK TERHADAP TUBUH

Tubuh (body) dan jiwa (soul) adalah fana karena sudah terkena kutuk dosa manusia pertama (Adam). Buktinya, tubuh dan jiwa tidak bisa masuk surga dan akan mati kembali menjadi debu tanah. Kutuk setan bisa menyerang tubuh (body), sehingga secara fisik orang dalam hidupnya mengalami berbagai sakit penyakit dan penderitaan fisik. Se-’saleh’ apa pun manusia, termasuk para nabi, tubuh fisiknya PASTI tunduk kepada kutukan setan yaitu maut (kematian). Ketika “rapture”, maka kutuk setan terhadap tubuh manusia dipatahkan karena dalam sekejap mata tubuh manusia diubah menjadi tubuh surgawi yang tidak bisa mati lagi (1 Korintus 15:54,55) Bahkan Tuhan Yesus sendiri juga ‘membiarkan’ tubuh fisikNya menanggung kutuk kematian di atas kayu salib.

 

KUTUK TERHADAP JIWA

Sama seperti serangan setan terhadap tubuh (body) maka setan juga mendatangkan kutuk atas jiwa (soul). Kutuknya berupa hilangnya damai sejahtera, sukacita, berbagai penderitaan dan tekanan pada jiwa (akal pikiran, hati, perasaan, dll.), termasuk hingga kegilaan. Bahkan akhirnya jiwa manusia juga binasa bersama dengan kematian tubuh. (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *