Rabu, 02 Juni 2021

REVIVAL OF BODY, MIND & SPIRIT (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 3:1-21

 

Ayat Hafalan: Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. Yohanes 3:6

 

( Sambungan…)

 

CEK KESEHATAN TUBUH DAN CEK KESEHATAN JIWA
Sama seperti jika kita ingin mengetahui kondisi dan keadaan tubuh fisik kita sedang sakit atau tidak ketika tubuh kita suhu tubuhnya mulai naik. Kita dapat segera pergi ke dokter untuk mengeceknya.  Demikian juga dengan jiwa kita; untuk mengecek kesehatan jiwa, kita dapat pergi ke seorang  konselor untuk menanyakan kondisi jiwa kita. Namun bagaimana jika kita ingin mengecek kesehatan roh kita? Kemana kita pergi? ROH MANUSIA???

 

  • Yohanes 3:6  Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh. 

 

Sangat jelas perbedaan antara daging (tubuh jiwa) dan roh. Kita tidak dapat mengenal dan memahami roh dengan memakai daging, jiwa apalagi tubuh kita? Itu sebabnya banyak kali mengapa seringkali perkara-perkara rohani sulit untuk dipahami dan dimengerti.

 

  • 1 Korintus 2:14-15,Tetapi manusia duniawi (Tubuh dan Jiwa) tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.
  • 1 Korintus 2:15  Tetapi manusia rohani menilai segala sesuatu (bukan penilaian hasil dari pemikiran – tetapi dari keinginan roh yang diilhami oleh Roh Kudus) , tetapi ia sendiri tidak dinilai oleh orang lain (karena tidak dimengerti org lain)
  • 1 Korintus 2:9  Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”
  • Catatan: Hati adalah pintu masuk kepada roh kita. Apa yang mempengaruhi hati kita akan mempengaruhi roh kita. Hati kita lemah, roh kita juga akan lemah.

 

BAGAIMANA MEMBUKA ALAM ROH???
Karena roh kita tidak bisa dilihat dan dirasakan, salah satu jalan masuk kita adalah melalui: FIRMAN TUHAN. Sebab Firman itu adalah roh dan hidup yang akan memantulkan keadaan kita yang sebenarnya seperti cermin. Ketika melihat Alkitab, kita melihat diri kita yang sesungguhnya melalui roh kita.

 

  • Yohanes 6:63 Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.
  • Yakobus 1:23-25  “Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin. Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya. Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.”

( Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *