Selasa, 01 Juni 2021

REVIVAL OF BODY, MIND & SPIRIT (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Tesalonika 5:1-28

 

Ayat Hafalan: Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. 1 Tesalonika 5:23

 

Shalom jemaat Imamat Rajani yang dikasihi oleh Tuhan. Tidak terasa, hari ini kita memasuki bulan keenam, yaitu bulan Juli di tahun 2021 ini. Hanya karena anugrah dan kebaikan Tuhan Yesus saja, kita bisa hidup sampai hari ini. Di bulan Juni ini, kita akan sama-sama belajar mengenai kebangkitan tubuh, jiwa & roh. Setelah bulan lalu kita menerima kuasa Roh Kudus, tiba saatnya kita mengaplikasikan dalam kehidupan kita anak-anak Tuhan. Saya sungguh berdoa agar setiap renungan harian disepanjang bulan ini menjadi berkat didalam kehidupan jemaat Imamat Rajani.

 

Sebagai orang percaya kita perlu mengetahui fungsi dari ketiga hal ini, dan secara khusus kita akan lebih menyoroti dan memahami tujuan dan fungsi dari roh yang diberikan Allah kepada setiap manusia.

  • 1 TESALONIKA 5:23, Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Allah menguduskan kita secara sempurna; roh, jiwa dan tubuh kita. Namun bukan berarti kita sudah sempurna. Kita masih dalam proses menuju ke arah sana. Tubuh kita menuju kemampuan terbaiknya yaitu memiliki penguasaan diri. Jiwa kita menuju kepada kedewasaan, baik dalam cara berpikir, berasa dan bertindak. Roh manusia kita semakin hari semakin kuat untuk dapat kekuatan Ilahi melakukan kehendak Allah.

 

TUBUH, JIWA DAN ROH MANUSIA
Hanya sedikit orang Kristen yang memahami pengertian fungsional dari ROH, JIWA dan TUBUH manusia dalam kehidupan mereka sehari-hari. Kebanyakan orang percaya memahami bahwa mereka hanya terdiri dari tubuh dan jiwa saja. Mereka merancukan antara jiwa dan roh sebagai suatu hal yang sama. Dalam kehidupan sehari-hari hanya mengakui bagian fisik dan emosional/ kejiwaan saja.

 

TUBUH MANUSIA
Bagian fisik yang dapat di lihat, yang berhubungan dengan lingkungan materi yang ada di sekeliling kita. Terdiri dari lima panca indra yaitu: Pengilihatan, pendengaran, penciuman, perasa dan peraba.

 

JIWA MANUSIA
Jiwa kita terdiri dari Pikiran, Perasaan (Emosi) dan Kehendak (Keinginan). Sebuah kesadaran tentang diri sendiri. Gabungan dari ketiga proses itu jadilah proses pembentukan mental kita yang selanjutnya menjadi Kepribadian kita. Contoh: Apakah mentalnya kuat ketika menghadapi tantangan? Orang mengenal kepribadian kita melalui mental kita.

 

MENYENTUH DENGAN TUBUH DAN DENGAN JIWA
Hampir setiap hari manusia berelasi dengan hal-hal materi dan jiwa. Mudah sekali mengenali bahwa kita sedang berelasi secara fisik. Contohnya dengan menyentuh pundak seseorang, orang tersebut segera berespon terhadap sentuhan kita. Begitu juga dengan jiwa. Kita dapat merasakan jiwa seseorang ketika ia berkata-kata secara khusus tentang apa yang menjadi maksud dan tujuannya dalam melakukan sebuah tindakan. Kita bahkan dapat disakiti dan dilukai olehnya tanpa orang tersebut menyentuh fisik kita.

( Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *