Senin, 05 Juli 2021

REVIVAL IN JOY: SUKACITA SURGA

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 15:1-17

 

Ayat Hafalan: Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Yohanes 15:11

 

Bagaimana Cara untuk Memiliki Sukacita

 

Yesus sendiri memberitahukan kepada kita untuk memiliki sukacita yang seperti ini. Di ayat sebelas, Dia mengatakan, “Hal-hal ini Aku katakan kepadamu…” jadi mari kita lihat apa yang baru saja Tuhan katakan. Di sana, kita akan mendapatkan resep sukacita.

Yesus mengumpamakan diri-Nya sendiri sebagai pokok anggur dan kitalah ranting-rantingnya. Dia memberitahu kita bahwa ranting harus tinggal di dalam pokok anggurnya, dan di sanalah akan ada sukacita.

 

Apa artinya tinggal di dalam-Nya?

 

  • Berserah kepada Tuhan — Lihat di Yohanes 15:4: “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kecuali ia tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak dapat berbuah, kecuali kamu tinggal di dalam Aku.” Ranting sepenuhnya berserah kepada pokok anggur dan ada semata-mata hanya untuk pokok anggurnya. Kita harus benar-benar tinggal dengan sepenuhnya di dalam pokok anggur supaya dapat memiliki sukacita.
  • Mengandalkan/Bergantung kepada Tuhan — Sukacita Yesus diberikan ketika kita mengandalkan Tuhan. Di Yohanes 15:5 Yesus mengatakan, “…Setiap orang yang tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia akan berbuah banyak karena terpisah dari-Ku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Apa yang dapat dilakukan ranting tanpa pokok anggurnya? Tidak ada! Ketika Anda berpikir bahwa Anda adalah sesuatu, maka Allah bukanlah segalanya. Dan, Allah tidak dapat menjadi segalanya sampai Anda menjadi bukan apa-apa.
  • Tinggal di dalam Tuhan — Di ayat sembilan Yesus mengatakan, “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah Aku telah mengasihimu; tetaplah tinggal dalam kasih-Ku.” Artinya adalah untuk tinggal di dalam kasih-Nya. Alkitab memberitahu kita dalam Galatia 5:22 bahwa sukacita adalah bagian dari buah-buah Roh. Kita tidak dapat menciptakan sukacita; kita hanya harus tinggal di dalam pokok anggur yang sejati.
  • Taat kepada Tuhan — Yesus mengatakan di ayat sepuluh: “Jika kamu menaati semua perintah-Ku, kamu akan tinggal dalam kasih-Ku,…” Yesus menaati perintah Bapa-Nya. Kita juga harus menaati-Nya. Tidak ada cara lain untuk memiliki sukacita kecuali dengan taat.
  • Bersukacita — Kita telah berputar penuh. Kita kembali ke ayat sebelas di mana kita memulai. Yesus mengatakan, “Hal-hal ini Aku katakan kepadamu supaya sukacita-Ku ada di dalammu, sehingga sukacitamu menjadi penuh.”

 

Tanpa sukacita sejati, hidup Anda tidak berarti apa-apa. Sukacita hanya ditemukan di dalam Yesus — bukan sukacita yang seperti miliki Yesus, tetapi sukacita ajaib Yesus Kristus itu sendiri. Apakah Anda memiliki kesempurnaan sukacita tersebut? Tinggallah di dalam-Nya.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *