Kamis, 08 Juli 2021

REVIVAL IN JOY: SUKACITA SURGA (4)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Roma 15:1-13

 

Ayat Hafalan: Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan. Roma 15:13

 

Di dunia ini, adakah yang lebih indah dari pada sukacita dan damai bagi keluarga? Adakah sesuatu yang lebih menenteramkan dan membahagiakan hati dari pada sukacita dan damai sejahtera dalam keluarga? Atau, adakah seseorang di antara kita yang tidak merindukan sukacita dan damai sejahtera dalam keluarga? Secara umum, setiap orang, termasuk kita, merindukan kehidupan yang sukacita dan damai sejahtera dalam keluarga. Setiap pribadi rindu mendapatkan suasana kehidupan dalam keluarga yang penuh sukacita dan damai sejahtera yang betlimpah-limpah.

 

Allah adalah sumber pengharapan

Sekarang, mari kita perhatikan dan kita pelajari ayat Alkitab ini: “Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.”

 

Hanya kepada Dialah, segala bangsa di muka bumi memuji dan memuliakan nama-Nya, karena Dia yang menjadi sumber kehidupan, sudah melimpahkan kepada mereka kasih setia dan kasih karunia-Nya dengan berkelimpahan. Karena iman kita kepada Dia, Yesus Kristus Tuhan kita, yang menjadi sumber pengharapan, Dia sudah memenuhi kita dengan segala sukacita dan damai sejahtera. Oleh sebab iman kita kepada Yesus Kristus Anak Allah, Dia sudah mengutus Roh Kudus-Nya diam di dalam hati kita. Roh Kudus sudah memberi didikan, ajaran, pengajaran, peringatan dan nasihat, kekuatan dan pengharapan. Karena Roh Kudus-Nya yang diam di dalam hati kita, maka kita memperoleh kekuatan, pengharapan, penghiburan, sukacita dan damai sejahtera yang berkelimpahan.

 

Di dunia ini, banyak sumber air, sumber gas, sumber minyak dan sumber daya alam lainnya. Namun di atas semua sumber itu, siapakah gerangan yang menjadi sumber dari segala sumber? Siapakah gerangan yang menciptakan sumber-sumber itu? Adakah kuasa dunia yang mampu menciptakan sumber-sumber? Apakah dunia berkuasa menjadi sumber kehidupan, sumber kekuatan, sumber pengharapan dan sumber-sumber lainnya? Tidak.

 

Percayalah! Bahwa hanya Tuhan Yesuslah yang menjadi sumber kehidupan kita. Hanya Dia yang menjadi sumber kekuatan dan pengharapan kita. Hanya Allah di dalam Kristus Yesus yang berkuasa memenuhi dan melimpahkan kepada kita sukacita dan damai sejahtera selama-lamanya.

 

Karena iman, kita hidup damai sejahtera

Perhatikahlah Firman Tuhan dalam Surat Roma 5:1. Alkitab menyatakan: “Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus.”

Benar. Oleh sebab iman, kita memperoleh sukacita dan damai sejahteta. Karenanya, marilah kita mengejar segala sesuatu yang mendatangkan damai sejahtera dan yang berguna untuk saling membangun dalam nama-Nya. Selanjutnya, mari kita perhatikan dan kita pelajari Firman Tuhan yang ditulis dalam Kitab Mazmur 68:3. Firman Tuhan berbunyi: “Tetapi orang-orang benar bersukacita, mereka beria-ria di hadapan Allah, bergembira dan bersukacita.”

 

Pemazmur menyatakan bahwa orang-orang benar bersukacita. Mereka beria-ria di hadapan Allah karena dibenarkan oleh sebab iman. Mereka bergembira dan bersukacita karena menjalani kehidupan yang benar di hadapan Tuhan. Karena jalan hidup yang benar, mereka beroleh hidup yang penuh sukacita, gembira, dan damai sejahtera.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *