Jumat, 23 Juli 2021

REVIVAL IN JOY: BERSUKACITALAH SENANTIASA

 

Ayat Bacaan Hari ini: Filipi 1:1-30

 

Ayat Hafalan: Dan setiap kali aku berdoa untuk kamu semua, aku selalu berdoa dengan sukacita. Filipi 1:4

 

Hari-hari ini adalah hari hari yang penuh tantangan. Kita bersyukur kepada Tuhan, karena anugerah-Nya semata kita bisa hidup sampai hari ini. Untuk itu kita harus memiliki persiapan dan perencanaan hidup yang baik, “Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.” (Amsal 24:6).

 

Banyak orang memprediksi bahwa hari-hari ke depan adalah masa masa yang berat, karena tantangan yang harus kita hadapi semakin berat, namun orang percaya tak boleh sedikit pun kehilangan semangat dan sukacitanya. Bersama dengan Tuhan kita pasti beroleh kekuatan untuk menghadapi semuanya.

 

Betapa pun hari-hari yang hendak kita jalani ini masih penuh misteri, karena tak seorang pun tahu apa yang akan terjadi esok, kita harus tetap percaya bahwa Tuhan selalu ada di setiap musim kehidupan kita.  Adalah bijak bila kita belajar dari rasul Paulus, yang dalam pelayanannya memberitakan Injil, harus menghadapi hari-hari yang teramat berat: masalah, kesulitan, penderitaan, aniaya, tekanan atau serangan dari pihak orang-orang yang menolak Injil, termasuk juga bencana atau musibah: “Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,” (2 Korintus 11:26-27).Puncaknya, Paulus tidak pernah mengeluh, bersungut-sungut, kecewa atau marah kepada Tuhan.

 

Saat di penjara rasul Paulus tetap giat memberikan semangat dan motivasi kepada orang-orang percaya untuk tetap bersukacita (Filipi 4:4). Ia tidak sekedar berteori tapi telah melakukannya sendiri. Jika Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita…?

 

Sekalipun dihadapkan pada banyak tantangan, rasul Paulus tak kehilangan semangat dan sukacitanya, karena mata rohaninya selalu tertuju kepada Tuhan.

 

Karena itu, hari ini putuskan untuk kita selalu berfokus kepada Tuhan, sumber pengharapan, sumber pertolongan, dan sumber sukacita kita di dalam masa-masa sulit ini. Bila ada waktu-waktu di mana kita tidak ada kegiatan, pikiran kita mengembara ke mana-mana, atau kita sering mendapat kabar-kabar yang membuat kita bisa patah semangat; maka segera kita fokuskan perhatian kita kepada Tuhan… kepada janji-janjiNya, kepada kisah-kisah pahlawan iman di Alkitab yang selalu mendapat bantuan dan pertolongan Tuhan di masa sulit mereka, termasuk para  rasul, termasuk Paulus sendiri. Lalu temukan minimal satu hal yang kita syukuri…. Ingat-ingat kembali kebaikan-kebaikan TUHAN dalam hidup kita… Dan yakinlah TUHAN yang sama akan terus menyertai dan menolong kita senantiasa..

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *