Jumat, 02 Juli 2021

REVIVAL IN JOY (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yakobus 5:12-20

 

Ayat Hafalan: Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! Yakobus 5:13

 

(Sambungan…)

 

2. Ciptakan Keceriaan Pribadi

Memulai hari dengan kegembiraan tidak selalu mudah. Selain mengajak diri untuk bersyukur, lakukanlah hal-hal yang membuat hidup Kamu lebih ceria.

 

Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia menyanyi! – Yakobus 5:13

 

Daripada memulai hari dengan suasana hening, kenapa tidak mendengarkan musik rohani yang ceria dan penuh sukacita di dapur, di mobil, atau saat menaiki kendaraan umum? Misal, sembari menunggu masakan matang, kamu bernyanyi atau berjoget, menghempas jauh-jauh semua kekhawatiran bersama hentakan irama lagu. Masukkan lagu-lagu yang asyik dengan lirik optimis yang menguatkan. Anda juga bisa membuat playlist untuk diputar di pagi hari atau kapan pun kamu butuh suntikan semangat.

 

Berolahraga juga membantu meningkatkan perasaan gembira. Saat berolahraga, otak kita melepaskan dopamin, yang sering disebut hormon kebahagiaan. Olahraga rutin akan meningkatkan kadar endorfin dan serotonin, yang dapat menurunkan stres, serta mengurangi rasa sakit dan depresi. Luangkan waktu untuk berolahraga, bisa di pagi hari sebelum kuliah / kerja, di sela-sela kesibukan rumah tangga, atau sore hari selepas beraktivitas.

 

3. Berdamai dengan Diri Sendiri

Ada kalanya kita mengalami hari yang berat dan melelahkan. Meski demikian, anda selalu dapat mengisi ulang energi spiritual anda. Datanglah kepada Sang Sumber Hidup yaitu Tuhan Yesus, yang akan melegakan hati dan memampukan kamu berdamai dengan diri sendiri, apa pun yang sedang anda alami. Hanya orang yang berdamai dengan diri sendirilah yang bisa tetap bersukacita dan memancarkan keceriaan ke sekelilingnya. Ia sadar sepenuhnya bahwa tidak ada manusia yang sempurna, termasuk dirinya. Kesalahan-kesalahan kecil tidak serta-merta merusak suasana hatinya, kejadian-kejadian yang mengecewakan juga dijadikan sebagai sesuatu yang harus dilewati karena dengan demikian kita diproses.

 

Menjadi orang yang bersukacita saat keadaan sedang baik itu biasa. Tetap ceria di tengah kondisi sulit, itu baru luar biasa, karena membutuhkan upaya ekstra. Hidup kita harus berpusat dengan ketepatan dalam Kristus dan Injil-Nya jika kita ingin menemukan sukacita dan kedamaian sejati dalam kehidupan kita.

 

Biarlah sukacitamu senantiasa terpancar apapun situasi & di mana pun anda berada!

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *