Minggu, 10 Januari 2021

RENUNGAN SPESIAL: AWAL TAHUN BARU 2021 (7)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 15:12-34

 

Ayat Hafalan: Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. 1 Korintus 15:133

 

(Sambungan…)

 

Singkat cerita, tahun ajaran baru di sekolah sudah dimulai. Tim memiliki tekad untuk belajar dengan sungguh-sungguh karena dia ingin mendapatkan beasiswa. Maka Tim membiasakan diri untuk belajar dua jam setiap siang. Pada awalnya, rasanya sangatlah sulit bagi Tim untuk membiasakan diri konsentrasi belajar setiap hari. Tetapi setelah beberapa minggu, Tim mulai terbiasa, dan belajar pun akhirnya menjadi sebuah kebiasaan di dalam hidup Tim. Akhirnya Tim berhasil lulus dengan nilai yang baik dan mendapatkan beasiswa. Jadi sekarang Tim memiliki dua kebiasaan yang baik yang dia lakukan di dalam keseharian hidupnya: Bekerja pada malam hari dan belajar pada siang hari. Tim lalu ingin mencoba sebuah hobby yang dapat menghasilkan. Jadi Tim mencoba untuk membuat sebuah blog. Tim mendedikasikan satu jam setiap malam setelah dia pulang bekerja untuk menulis di blog miliknya. Dalam beberapa tahun, Tim berhasil mendapatkan ribuan pembaca setia pada blognya, dan dia berhasil mendapatkan penghasilan yang lumayan banyak dari blognya.

 

Akhirnya Tim berhasil bertahan melewati masa-masa sulitnya—dia berhasil membiayai adiknya dan dia akhirnya menjadi seorang penulis terkenal yang sukses. Namun apa kunci dari keberhasilan Tim ini? Jawabannya adalah: Selama bertahun-tahun, Tim berhasil menjalankan hidupnya dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Dia belajar di siang hari, dia kerja sambilan di malam hari, dan dia menulis blog sebelum tidur. Tim berhasil mengatakan tidak pada kebiasaan-kebiasaan buruknya di masa lalu dan menggantikannya dengan kebiasaan-kebiasaan baik yang baru.

 

Mungkin ada yang mengatakan, “hidup Tim terlihat tidak menyenangkan sekali.” Sesungguhnya, kita seringkali berpikir seperti itu karena kita tidak pernah membuat hal-hal tersebut menjadi sebuah kebiasaan di dalam hidup kita. Jika hal-hal yang kita anggap berat tersebut telah menjadi suatu kebiasaan di dalam hidup kita, tentunya hal-hal tersebut tidak akan terlihat seberat sebelumnya.

 

Kuncinya adalah dua hal ini:

  • Memiliki sebuah alasan yang kuat mengapa kamu harus mengganti kebiasaan-kebiasaan burukmu dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang baik.
  • Jangan langsung mencoba untuk membuat banyak kebiasaan yang baik pada waktu yang bersamaan. Coba buatlah kebiasaan baik satu per satu. Gantikanlah satu buah kebiasaan buruk dengan satu buah kebiasaan yang baik. Lakukanlah dengan bertahap seperti yang Tim lakukan.

 

Jika kamu tetap ingin memilih kebiasaan burukmu hari ini karena rasanya lebih menyenangkan, itu terserah pada dirimu. Tetapi ingatlah bahwa setiap hal yang kamu lakukan hari ini, akan memiliki suatu dampak bagi hidupmu di masa depaan nanti. Orang-orang seringkali berpikir keberhasilan seseorang ditentukan oleh sebuah pilihan besar yang seseorang buat sekali di dalam hidupnya; tetapi sesungguhnya, keberhasilan seseorang ditentukan oleh puluhan ribu pilihan-pilihan kecil yang dia buat selama hidupnya.

 

“You’ll never change your life until you change something you do daily. The secret of your success is found in your daily routine” – John C. Maxwell

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *