Sabtu, 09 Januari 2021

RENUNGAN SPESIAL: AWAL TAHUN BARU 2021 (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 15:12-34

 

Ayat Hafalan: Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik. 1 Korintus 15:133

 

Pada setiap tahun baru, orang-orang cenderung memiliki yang namanya resolusi tahun baru. Orang-orang ingin mengubah suatu kebiasaan buruk di tahun lalu menjadi suatu kebiasaan yang baik. Mungkin ada yang ingin berhenti merokok, mungkin ada yang ingin mulai rajin olahraga, atau mungkin ada yang ingin membiasakan diri membaca Alkitab setiap hari. Namun, biasanya kebanyakan dari orang-orang yang membuat resolusi tahun baru ini hanya bertahan kurang dari satu bulan. Setelah beberapa minggu, mereka biasanya mulai capek dan berhenti berusaha mencapai tujuan mereka. Jangan menjadi orang-orang seperti itu, yang berhasil memulai, tetapi gagal untuk menyelesaikan. Jadilah orang yang berhasil dalam mencapai resolusi tahun baru anda dan memiliki kehidupan yang lebih baik di tahun baru ini.

 

Mengapa Harus Memiliki Kebiasaan Yang Baik?

Tips untuk mencapai resolusi tahun baru, adalah untuk mengingat:

  • Hari esok sangatlah penting!
  • Kebiasaan yang kamu buat hari ini akan menentukan hari esok dari hidupmu!

 

Kita seringkali marah kepada Tuhan atas masalah yang terjadi di hidup kita, padahal seringkali masalah tersebut merupakan buah dari keputusan buruk kita sendiri di masa lalu. Tanam sesuatu yang baik ke dalam hidupmu hari ini, dan kamu akan menuai sesuatu yang baik di masa depan. Tanam sesuatu yang buruk ke dalam hidupmu hari ini, dan kamu akan menuai sesuatu yang buruk di masa depan.

  • Jika anda memilih memiliki kebiasaan merokok hari ini, suatu hari nanti kesehatan paru-paru anda akan terganggu.
  • Jika anda memilih untuk memiliki kebiasaan hidup boros hari ini, suatu hari nanti anda akan kesulitan menangani keuangan keluargamu.
  • Jika anda memilih untuk memiliki kebiasaan tidak membaca Alkitab hari ini, suatu hari nanti anda akan frustasi ketika tragedi besar masuk ke dalam hidupmu.

 

Memang rasanya sangatlah sulit mengalahkan kebiasaan-kebiasaan buruk di dalam hidup kita. Dan rasanya juga sangatlah sulit untuk memulai kebiasaan baik yang sebelumnya tidak pernah kita lakukan. Jadi bagaimana caranya kita dapat mengalahkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dan memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik di dalam hidup?

Bagaimana Cara Memiliki Kebiasaan Yang Baik?

Ada seorang pemuda bernama Tim. Tim tinggal dengan ayahnya dan adiknya di sebuah rumah kecil. Di dalam kesehariannya, Tim memiliki kebiasaan-kebiasaan buruk seperti tidak mau belajar, merokok, dan pesta pora di malam hari bersama teman-temannya. Pada suatu hari, ayahnya Tim meninggal karena serangan jantung. Sekarang Tim harus menjadi kepala keluarga yang menafkahi hidupnya dan hidup adiknya. Tim bingung akan apa yang harus dia lakukan. Waktu itu sekolah Tim sedang liburan panjang, Tim memutuskan untuk mencari sebuah pekerjaan.

 

Tim akhirnya mendapatkan pekerjaan menjadi tukang cuci piring di sebuah restoran pada malam hari. Pada mulanya Tim merasa capek dengan pekerjaan ini. Waktu yang biasa dia gunakan untuk bermain dan bermalas-malasan dengan teman-temannya kini harus dia gunakan untuk bekerja. Namun setelah satu bulan, pekerjaan ini telah menjadi sebuah kebiasaan di dalam hidup Tim. Lama-kelamaan mencuci piring menjadi sesuatu yang terasa mudah baginya dan tidak menguras banyak tenaga, dia sudah terbiasa. (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *