Senin, 04 Januari 2021

RENUNGAN SPESIAL: AWAL TAHUN BARU 2021 (1)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Markus 5:21-43

 

Ayat Hafalan: Maka kata-Nya kepada perempuan itu: “Hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau. Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu!” Markus 5:21-34

 

Dalam hidup ini, sering sekali kita melontarkan kata-kata ucapan ‘selamat’. Selamat menempuh hidup baru, selamat ulang tahun, selamat natal. Tentu yang paling segar sekarang adalah selamat tahun baru. Apa itu selamat? Ketika kita menyampaikan kata selamat ada makna, tujuan dan harapan yang terkandung di dalamnya, yaitu: sukacita, damai, senang, suka hati, bahagia, sehat, aman, tenteram, makmur dan kondisi yang melukiskan keadaan terlepas dari yang buruk atau memasuki suasana baru. Sekaligus juga ada makna penguatan dan harapan di masa mendatang. Dalam Alkitab ada beberapa ayat yang bermakna selamat, misalnya: Keluaran 4:18: “Pergilah dengan selamat” atau Markus 5:34: “Pergilah dengan selamat dan sembuhlah dari penyakitmu”. Makna selamat itu telah digenapi dan disempurnakan Kristus melalui kematian dan kebangkitanNya yang telah menyelamatkan kita dari dosa dan maut. Atas keselamatan yang dianugerahkan dalam Kristus, ada harapan baru dan hidup baru.

 

Kita telah memasuki tahun baru. Ketika kita bertemu dengan orang lain, anggota jemaat, pendeta atau saudara yang tidak seiman dengan kita, maka sapaan pertama adalah selamat tahun baru. Mengungkapkan bahwa kita telah selamat tiba di tahun baru, pasti ada sukacita baru sekaligus pengharapan baru. Namun seiring itu juga pergumulan baru pun akan mengikuti kita, tapi kita harus tetap teguh.

 

Mengawali tahun ini firman Tuhan mengharapkan kita semua agar mengenakan manusia baru, sesuai dengan kehendakNya dalam kebenaran dan kekudusan hidup. Kristus telah menyelamatkan kita dari manusia lama yang penuh dosa dan kejahatan. Sekarang kita adalah manusia baru. Tuhan juga memberikan kita kekuatan dan kuasa untuk mengenakan dan mempraktekkan manusia baru itu. Oleh sebab itu, marilah kita berusaha sekuat tenaga dan memohon pertolongan Roh Kudus agar hidup kita di tahun baru ini akan lebih baik, lebih jujur, lebih kudus, lebih rajin, lebih taat, lebih bermakna, lebih peduli, lebih kasih dan lebih rendah hati di hadapan Tuhan. Selamat tahun baru! Selamat mengenakan hidup baru dalam Kristus.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *