Rabu, 19 Agustus 2020

RENUNGAN SPESIAL 75 TAHUN KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA 

Ayat Bacaan Hari ini: Yohanes 8:30-36

Ayat Hafalan: Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” Yohanes 8:36 

( Sambungan…)

Dosa memperbudak manusia dalam dua bentuk:

  • Dosa menguasai manusia sehingga ada sesuatu yang lain yang lebih diinginkan dibandingkan dengan Kristus. Sesuatu yang lain, apapun itu lebih berharga daripada Kristus. Tidak ada orang yang diluar Kristus yang bisa mengatakan bahwa Kristus adalah sesuatu yang paling dia inginkan, bahwa Kristus adalah sumber sukacitaku. Dia bisa bersukacita karena uang yang dia terima, karena suami atau istrinya, anak-anaknya, karena reputasinya. Manusia bisa berkata bahwa yang paling berharga adalah masa depanku. Tetapi tidak ada orang yang di luar Kristus yang berkata yang paling berharga, yang paling membuatnya bersukacita adalah Kristus. Ini adalah cara pertama dosa memperbudak manusia.Sesuatu yang lain itu adalah berhala, dan berhala selalu memperbudak manusia, berhala menjadi yang utama, dan Kristus menjadi tidak berarti.
  • Dosa pada akhirnya mematikan manusia. Ini perlu kita tekankan karena ada orang yang berkata “tidak apa-apa saya memiliki sesuatu yang lain yang berharga bagi saya. Tidak apa-apa saya menganggap uang lebih berharga daripada Kristus, atau suami/istri ku, atau reputasiku, masa depanku lebih berharga Kristus. Aku memilih hal-hal itu dan aku rasa aku merdeka”. Tetapi Anda tidak akan mengatakan demikian, kalau Anda sadar bahwa ujung daripada berhala itu adalah kematian. Bahwa akhirnya engkau akan hidup di dalam neraka terpisah selama-lamanya dengan Kristus.

Di dalam kisah orang kaya dan Lazarus (Lukas 16:19-31), orang kaya itu selama hidupnya tidak takut akan Tuhan, akhirnya dia masuk ke neraka dan menderita kesakitan di sana. Dia meminta kepada Abraham supaya Abraham menyuruh Lazarus memasukkan jarinya ke air untuk melepaskan dahagaku. Namun Abraham mengatakan tidak ada permintaan yang dikabulkan di neraka. Orang kaya itu kemudian berkata kalau begitu tolonglah suruhlah Lazarus turun ke bumi, untuk memperingatkan ada lima saudaranya yang masih hidup seperti dia dulu hidup. Mereka merasa bebas dengan apa yang mereka inginkan. Orang kaya itu tahu hidup seperti itu adalah hidup yang tidak bebas sama sekali, karena kalau mereka tidak mengenal Tuhan mereka akan berakhir di neraka juga.

Dosa memperbudak manusia dengan cara seperti ini, bahwa ada sesuatu yang lebih berharga dibandingkan dengan Kristus dan ujungnya adalah kematian. Dosa itu begitu dalam dan hanya Kristus yang dapat membebaskan kita dari perbudakan dosa.

Yohanes 8:36 mengatakan “apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka.” Tuhan Kristus membebaskan kita dengan cara membalikkan akan kedua cara dosa memperbudak manusia. Kalau dosa membawa kita kepada maut, maka Kristus membebaskan kita dari maut, dengan mati menanggung dosa setiap orang yang beriman kepada Kristus. Kalau dosa memperbudak manusia dengan menempatkan sesuatu yang lain mencengkram hati manusia, maka kepada setiap orang yang beriman kepada Kristus, Tuhan memberi hidup yang baru. (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *