Minggu, 26Juli 2020

PERKATAAN YANG MENGUBAHKAN (7)

Ayat bacaan Hari ini: Amsal 25:1-28

Ayat hafalan: Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak. Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar. Amsal 25:11-12

 (Sambungan…)

Kita harus paham kapan waktu untuk menyampaikan suatu pesan kepada seseorang dan kapan waktu sebaiknya kita tidak mengucapkan apa-apa. Alkitab mengatakan bahwa ada waktu untuk berdiam diri dan ada waktu untuk berbicara. Mengetahui waktu yang tepat untuk berbicara akan memberi manfaat bagi si pembicara maupun pendengarnya, entahkah tujuan perkataan itu adalah penguatan ataupun sebuah teguran. Namun ada saatnya kita patut untuk berdiam diri ketika kita tahu bahwa bukan saat yang tepat untuk kita menyampaikannya. Amsal lain mengatakan, bahwa alangkah bijaknya jika kita menahan lidah kita, karena itulah waktu yang tepat untuk berdiam diri (Amsal 11:12).

(2). Perkataan dengan isi yang BERMANFAAT

Mengapa kita harus menghindari omongan kosong dan tak suci? Karena semua itu hanya akan menambah kefasikan, sia-sia dan tak bermanfaat. Dalam kehidupan sehari-hari perkataan-perkataan manis yang terlontar dari mulut seseorang biasanya hanya bualan semata, bukan keluar secara tulus dari dalam hati. Semakin banyak seseorang memperkatakan hal-hal yang sia-sia semakin banyak pula kesalahan yang terjadi, sebab “Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa menahan bibirnya, berakal budi” (Amsal 10:19).

Namun sebaliknya, perkataan yang keluar dari mulut orang bijak akan mendatangkan kesembuhan bagi orang yang sebelumnya mengalami sakit. Setiap kita harus memiliki kepekaan tentang pribadi yang sedang kita ajak bicara. Apabila orang tersebut sedang mengalami suatu kelemahan dan luka, maka baiklah kita memohon hikmat Tuhan untuk menuntun kita menyampaikan kata-kata berkuasa yang dapat memulihkan orang tersebut, bukan perkataan yang hanya akan menambahkan luka baru ataupun luka lama yang semakin dalam.

Mari jemaat Tuhan, seringkali sulit untuk mengetahui apa yang harus kita katakan dan kapan waktu yang tepat untuk mengatakannya. Roh Kudus akan menolong kita untuk bertindak bijaksana. Dia akan menolong kita untuk mengucapkan kata-kata yang tepat pada waktu yang tepat, dan dengan cara yang benar, demi kebaikan sesama dan demi kemuliaan-Nya.

Perkataan yang tepat itu ibarat anak panah yang dilepaskan seorang pemanah dari busurnya dan tepat mengenai sasarannya. Bukan banyaknya anak panah yang dilepaskan seorang pemanah yang akhirnya dapat memenangi pertandingan, namun seberapa tepat setiap anak panah demi anak panah mengenai target sasarannya.

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *