Minggu, 19 Juli 2020

PERKATAAN YANG MEMBANGUN (7)

Ayat Bacaan Hari ini: Titus 3:1-14

Ayat Hafalan:Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.” Titus 3:2

 ( Sambungan…)

  1. Perkataan kita bisa mendatangkan berkat dan kutuk.

Menyadari bahwa perkataan sangat berkuasa, baiklah kita berhati-hati dalam mengeluarkannya sebab firman Tuhan berkata: “Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah” (Yakobus 3:9)

Bila demikian, Bagaimanakah agar perkataan kita berkuasa untuk membangun?

Cara menjaga perkataan:

  1. Pertama, jagalah hati, isi pikiran dengan Firman Allah ( Amsal 4:23, Matius 12:33-35 )

Hubungannya sangat dekat sekali, karena bila kita sedang marah, kecewa, kepahitan biasanya perkataan amarah, kekecewaan dan kepahitan pula yang keluar dari mulut bibir kita dan hal ini tentunya tidak menjadi berkat. Namun bila hati kita bersih, suci dan penuh sukacita maka perkataan kita juga suci, bersih dan memberkati. Bukankah dari dalam hati terpancar kehidupan?

  1. Kedua, seleksi apa yang Anda dengar ( Amsal 4:20-22 )
  1. Ketiga, berpikirlah sebelum berkata-kata ( Nehemia 5:6-7, Amsal 13:3, Amsal 4:24 )

Hal ini dilakukan agar perkataan yang kita keluarkan mengalami penyaringan/pemilahan terlebih dahulu. Oleh karena itu, baiklah kita mencoba untuk tenang dan berpikir terlebih dahulu akan perkataan yang hendak kita sampaikan agar perkataannya tidak salah/mengutuk sebab perkataan yang telah keluar tidak bisa ditarik kembali.

  1. Keempat, dapatkan kata-kata yang berasal dari Tuhan/Roh Kudus ( 1 Korintus 2:12-13 )
  1. Kelima, perkatakan iman Anda ( 2 Korintus 4:13, Markus 11:23,24 )
  1. Keenam, perkatakanlah kebenaran ( Amsal 12:19, 1 Petrus 4:11, Yosua 1:8 )

Untuk dapat memperkatakan kebenaran, orang percaya harus mengisi pikiran dan hatinya dengan kebenaran yaitu Firman Tuhan. Alangkah luarbiasanya orang percaya bila yang diperkatakan adalah Firman Tuhan, tentunya orang lain disekitar kita mengalami berkat dan kasih Allah.

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman. Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.” ( Matius 12:36 )

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *