Rabu, 17 Pebruari 2021

NEW SEASON: RESPON YANG BENAR (3)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Kisah Para Rasul 16:1-40

 

Ayat Hafalan: Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka. Kisah Para Rasul 16:25

 

(Sambungan…)

 

Jika kita sedang melakukan hal itu, maka akan menghasilkan sebuah hubungan yang lebih baik dengan Allah. Hubungan yang lebih kuat dengan Allah membawa rasa damai yang lebih besar, memberi perspektif yang lebih jelas dan menuntun ke sebuah tujuan yang jelas – yang merupakan sesuatu kita semua bisa lakukan, terutama di saat-saat sekarang. Dengan menghentikan semua hal-hal yang bersifat duniawi, kita punya sedikit alasan untuk tidak menginvestasikan waktu buat Sang Pencipta kita.

 

Virus corona mungkin telah mengisolasi kita dari banyak hal, namun sebaliknya itu merupakan kesempatan baik untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dari pada hari-hari sebelumnya. Apakah kita akan menggunakan waktu seperti ini dengan bijak?

Paulus berbicara kepada jemaat Allah di Efesus, “Karena itu, perhatikanlah dengan seksama [hati-hati], bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan” (Efesus 5:15-17).

Hari-hari ini tidak kurang jahat daripada ketika Paulus pertama kali menuliskan kata-kata itu – dan tidak ada hari yang lebih baik untuk menggunakan waktu ini  mendekatkan diri kepada TUHAN melalui pelajaran Alkitab, doa dan renungan.

 

2. Kita sebaiknya menggunakan media sosial untuk berkoneksi, daripada berargumentasi atau menyebarkan ketakutan

Apabila anda menggunakan media sosial, maka anda akan tahu bahwa pandemi virus corona merupakan topik pembicaraan orang-orang. Berita itu sudah di mana-mana – dan karena mudah untuk menambah-nambah fakta dan data yang salah, maka tidak heran bahwa begitu banyak informasi yang berseliweran di sana-sini dan banyak perdebatan tentang apa yang sebenarnya terjadi dan mengusulkan apa-apa yang sebaiknya dilakukan untuk itu.

Anda bisa saja terlibat dalam perdebatan semacam itu jika anda menyukainya, tetapi saya tidak yakin hal itu akan membuahkan sesuatu yang baik. Seperti kebanyakan kita sudah lihat di media sosial, ada banyak orang yang sungguh semangat di setiap tempat, tetapi sebagian besar dari pesan itu tidak menyakinkan mereka kecuali orang-orang yang telah setuju akan hal itu, Ini sebuah alternatif.

 

Ketika Paulus dan Silas dimasukkan ke penjara pada saat mereka memberitakan injil, mereka melakukan sesuatu yang sungguh membuat orang penasaran. “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka” (Kisah Para Rasul 16:25).

Anda dapat memilih untuk memposting hal-hal yang positif, yang memberi semangat dan yang menghibur – sehingga sahabat-sahabat anda mungkin akan berhenti dan mendengar (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *