Selasa, 16 Pebruari 2021

NEW SEASON: RESPON YANG BENAR (2)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Efesus 5:1-21

 

Ayat Hafalan: dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Efesus 5:16-17

 

Dunia ini telah begitu banyak berubah hanya dalam hitungan beberapa minggu. Virus corona ini mulai menyebar – melalui kota-kota, tembus perbatasan, hingga ke ujung benua dan terus ke semua negara. Sekarang penularannya ada di mana-mana. Tidak ada daerah yang berpenduduk di atas bumi ini yang tidak terinfeksi virus corona – entah penduduk sedang berjuang melawan sakit infeksi virus ini atau mereka dalam ketakutan terinfeksi. Apapun pendapat pribadi anda tentang virus ini – apakah anda terlalu khawatir dan menganggap dunia ini akan segera berakhir – COVID-19 sudah di sekitar kita, dan menjadi bagian hidup kita.

 

Virus corona telah berimbas terhadap seluruh sendi kehidupan. Ia telah berimbas pada  sejumlah orang yang semestinya bersama anda, ia berimbas terhadap usia orang dan seberapa jauh anda sebaiknya berada antara orang-orang dengan diri anda sendiri. Ia berimbas terhadap pengelolaan usaha dan entah usaha itu masih tetap jalan atau tidak. Ia berimbas, dalam sebuah keresahan, terhadap apa yang masih tersedia pada rak-rak toko bahan pangan sehari-hari. Pertandingan-pertandingan olah raga dan kongres-kongres semua pada dibatalkan. Sekolah diliburkan hingga waktu yang tidak ditentukan. Dan tidak seorangpun yang tahu kapan virus corona ini akan terus mengganas.

 

Kekristenan tidak semestinya vakum begitu saja

Saat ini tidak mungkin bagi kita untuk mengetahui banyak hal. Berapa lama keadaan sekarang akan berlangsung dan kembali normal? Kita tidak tahu. Berapa banyak orang akan terinfeksi penyakit ini? Kita tidak tahu. Berapa orang yang akan mati dari virus ini? Kita tidak tahu. Dampak apa yang akan diakibatkan penyakit ini terhadap perekonomian dunia? Kita tidak tahu – tetapi sepertinya akan buruk. Tetapi ini yang sebenarnya kita tahu: Kehidupan kita hari demi hari barangkali berubah secara drastis, tetapi orang Kristen jangan berhenti menjalani kehidupan Kristiani hanya karena mereka hidup pada masa-masa stres begini. Pada kenyataannya inti dari keaslian iman orang Kristen akan terefleksi pada saat mereka hidup dalam situasi yang penuh kesulitan dan membuat mereka stres.

 

Berikut ini lima hal yang orang Kristen seharusnya lakukan selama wabah pandemi virus corona:

 

1. Kita sebaiknya menggunakan waktu ekstra untuk belajar Alkitab, berdoa dan melakukan renungan

Sementara instruksi dan rekomendasi karantina terus diperketat, banyak di antara kita hanya berada dan punya banyak waktu di rumah – bahkan secara eksklusif ada di rumah. Sulit untuk tidak merasa kesal ketika anda terjebak di rumah dan hanya melihat tembok rumah anda sendiri selama 24 jam, terutama ketika anda sudah mulai kehabisan persediaan pangan.

Bagaimana hubungan anda dengan Tuhan belakangan ini? “Waktu” biasanya alasan mengapa kita tidak berdoa dan belajar sebagaimana mestinya. Nampaknya kita tidak pernah cukup waktu untuk itu. Tetapi bagaimana sekarang, ketika banyak di antara kita tidak punya apa-apa selain waktu? Apakah kita menyisihkan sedikit waktu untuk berbicara dengan Allah dan membaca FirmanNya? Apakah kita sekarang berhenti mengikuti berita dan update untuk sungguh-sungguh merenungkan firman Tuhan yang kita sedang baca? (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *