Sabtu, 07 Nopember 2020

MENGUBAH MASALAH MENJADI BERKAT (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yeremia 1:1-19

 

Ayat Hafalan: “Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN.” Yeremia 1:8

 

Semua manusia tanpa terkecuali pasti sudah dan mungkin sementara sedang merasakan pergumulan dalam hidup. Karena pergumulan tidak pernah terpisah atau tidak dapat dihindari dari setiap manusia. Pergumulan di tengah-tengah hidup berkeluarga, pergumulan di dalam pekerjaan, pergumulan di tengah pergaulan sebagai anak muda, pergumulan di tengah pelayanan dan sebagainya. Dengan masalah yang dihadapi membuat manusia kadang berputus asa, hilang harapan. Akibatnya, sadar ataupun tidak sadar kadang menyalahkan orang lain, menyalahkan diri sendiri dan bahkan menyalahkan Tuhan sebagai penyebab dari permasalahan dengan berpikir bahwa Tuhan sudah meninggalkan kita, Tuhan sudah tidak peduli lagi dengan kita.

 

Hal seperti ini juga yang pernah dialami oleh Nabi Yeremia. Dimana Yeremia yang dipilih Allah sebagai Nabi (penyambung lidah Allah) ketika ia masih muda. Nabi Yeremia diutus oleh Allah di tengah-tengah bangsa Yehuda dengan maksud agar Nabi Yeremia dapat membongkar, menegur dan membaharui pola hidup bangsa Yehuda yang telah menyimpang dari jalan Allah. Ketika dia akan menyampaikan kebenaran dengan cara menegur bangsa Yehuda agar mengubah cara hidup mereka,  Nabi Yeremia diperhadapkan dengan pergumulan dan penderitaan. Nabi Yeremia dikutuk, dia diserang, bahkan Nabi Yeremia ditolak di tengah-tengah bangsa Yehuda.

 

Tapi Nabi Yeremia berseru kepada Tuhan menyampaikan keluh-kesahnya karena dia merasa Tuhan seakan-akan telah meninggalkan dia sendiri, seakan-akan Tuhan memperlakukan ketidakadilan dalam dirinya. Dan sebenarnya Tuhan tidak pernah meninggalkan dirinya sendiri karena ketika Tuhan yang telah mengutus Nabi Yeremia di tengah-tengah bangsa Yehuda maka Tuhan pulalah yang akan menyertai dan akan terus memampukan dan menguatkan Nabi Yeremia untuk dapat membebaskan diri dari tangan orang lalim.

 

Cerita  ini dapat memberi pengajaran dan motivasi bagi kita semua ketika diperhadapkan dengan permasalahan atau pergumulan dalam hidup jangan pernah menyalahkan Tuhan karena Tuhan tidak pernah mengizinkan sesuatu yang buruk dalam hidup kita. Maka dalam situasi tertekan/terjepit karena pergumulan berserulah kepada Tuhan dan percayalah Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita karena  ketika Tuhan yang telah mengizinkan masalah/pergumulan menjadi bagian dalam hidup kita, Dia jugalah yang akan terus menguatkan kita, yang akan terus memampukan kita dan menyertai kita melewati pergumulan seberat dan sesulit apapun itu.

 

Sebab ketika kita menghadapi pergumulan dengan penuh kesabaran, ketabahan dan terus berharap kepada Tuhan yakinlah pergumulan akan diubah menjadi berkat dan iman percaya kita semakin dikuatkan dalam Tuhan.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *