Sabtu, 28 Agustus 2021

MENANG ATAS PENCOBAAN (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Yakobus 1:2-12

 

Ayat Hafalan: Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, Yakobus 1:2

 

Seseorang bertanya kepada hamba Tuhan Bernama C.S. Lewis, “Mengapa orang benar mengalami pencobaan?” Ia menjawab, “Mengapa tidak? “Hanya mereka saja-lah yang dapat menanggungnya.” Jawaban C.S. Lewis itu sangatlah tepat. Di dalam Alkitab, kita banyak menemukan orang-orang yang dapat mengubah penderitaan menjadi kemenangan. Mereka tidak menjadi korban keadaan, tetapi sebaliknya mereka keluar sebagai  pemenang. Melalui perikop yang kita baca, Yakobus mengingatkan kepada kita tentang realitas bahwa dalam kehidupan Kristen pun ada ujian dan pencobaan. Tetapi orang-orang Kristen tidak boleh menjadi korban dari keadaan. Orang-orang Kristen harus dapat keluar sebagai pemenang pada saat menghadapai ujian dan pencobaan. Yakobus memberitahukan kepada kita bahwa dalam pencobaan apapun yang kita alami, kita dapat keluar menjadi pemenang dengan  iman kita di dalam Kristus.

 

Ada empat nasihat dari Yakobus agar kita memperoleh kemenangan atas pencobaan:

  1. Anggaplah (ayat 2) – Sikap yang mau bersukacita
  2. Ketahuilah (ayat 3) – Pikiran yang mau mengerti
  3. Biarkanlah (ayat 4) – Kehendak yang mau berserah
  4. Mintalah (ayat 5-8) – Hati yang mau percaya

 

Marilah kita pelajari satu persatu:

 

1. Anggaplah – Sikap Yang Mau Bersukacita

Ayat 2 “Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan,”

Pada ayat ini Yakobus mengatakan, bahwa apabila pencobaan datang, kita harus mau menghadapinya, janganlah menyembunyikan kepala kita ke dalam pasir seperti burung unta. Jangan melarikan diri dari keadaan. Perhatikan, jangan membuat asumsi bahwa anda akan luput dari pencobaan karena sudah menjadi orang Kristen. Kenyataannya adalah sebaliknya, Iblis melawan orang-orang Kristen, dunia juga berseberangan dengan orang Kristen. Karena itu hidup orang Kristen dipenuhi dengan pertempuran! Yakobus dalam ayat ini mengatakan, bahwa kita akan menghadapi berbagai-bagai pencobaan. Ada pencobaan yang terjadi pada diri kita karena kita adalah manusia. Misalnya, sakit-penyakit, kecelakaan, kekecewaan  atau kematian.

 

Pencobaan juga terjadi karena kita adalah orang-orang Kristen. Banyak orang Kristen yang dikucilkan dari keluarganya hanya karena mereka bertobat dan menjadi pengikut Kristus. Selain itu masih banyak orang Kristen di dunia ini yang mengalami penganiayaan karena iman mereka. Menurut Christian World Report, di China, 1100 orang dieksekusi setiap bulannya hanya karena mereka menjadi Kristen. Di beberapa negara Timur Tengah, orang-orang yang bertobat dan menjadi Kristen otomatis mendapat hukuman mati. Pencobaan lain dialami oleh orang-orang pada zaman modern ini dalam bentuk ancaman dari para teroris.  Di Sydney, serangan teroris terjadi di sebuah café. Di Paris  teroris menyerang kantor penerbitan majalah dan menewaskan 12 orang. Mereka juga menyerang sebuah supermarket dan menewaskan 4 orang. Dan mereka juga menyerang polisi disana.  Di Pakistan, teroris menyerbu sekolah dan menewaskan 132 anak-anak di sekolah. Setelah kita mengetahui berbagai jenis pencobaan yang ada, pertanyaannya adalah, bagaimana kita memberi respon ketika pencobaan itu datang dalam hidup anda? Yakobus memberi nasihat: “anggaplah sebagai suatu kebahagiaan.” (Bersambung…)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *