Sabtu, 16 Oktober 2021

MELEPASKAN PENGAMPUNAN (6)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Efesus 4:17-32

 

Ayat Hafalan: Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. Efesus 4:32

 

John F Kennedy (mantan presiden Amerika Serikat) pernah mengatakan “Ampunilah musuh-musuhmu, tetapi jangan lupakan nama mereka” Apa artinya perkataan ini?

Apakah artinya mengampuni tapi harus tetap mengingat perbuatan mereka, atau mengampuni tetapi berusaha tetap mengingat pribadi mereka ? Tidak dijelaskan maksunya yang sebenarnya.  Musuh-musuh disini artinya  orang yang menyakiti , kita harus beri pengampunan  dan jangan lupakan nama mereka berarti kita harus tetap berusaha untuk bersahabat. Alkitab menulis seperti ini: Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus : “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?” Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.” (Matius 18;21-22)

 

Mungkin kebanyakan dari kita mengatakan kita harus mengampuni 70×7= 490 kali. Mungkin Rasul Petrus menggangap memberi pengampunan 7 kali itu sudah sempurna, karena 1 minggu tujuh hari, jadi menurut anggapan Rasul Petrus dan kita juga menggangap demikian, sudah sempurna lah kita memberi pengampunan setiap hari, angka 7 adalah angka sempurna. Tetapi anggapan ini ternyata tidak benar, bagi Tuhan Yesus bukan setiap hari tetapi Tuhan menghendaki setiap saat, 77 kali, angka dobel sempurna Jadi bagi kita 7 kali, yang berarti setiap hari itu sudah sempurna dan memang angka 7 adalah angka sempurna, tetapi Tuhan Yesus menghendaki lebih dari sempurna, 77 kali, dobel sempurna, dobel porsi, yaitu setiap saat, setiap waktu.

 

Sekarang yang menjadi pertanyaan,  bisakah kita lakukan perintah Tuhan ini? Bisakah kita mengampuni orang yang bersalah, atau orang yang menyakitkan kita setiap saat, setiap waktu, setiap kali, berapa kalipun dalam sehari? Semuanya dapat dilakukan kalau dapat kekuatan dari Tuhan, karena kalau tidak ada kekuatan dari Tuhan, kita pasti tidak mampu, jangankan setiap saat, setiap hari pun sudah sangat susah, bahkan sekali saja ada kalanya susah juga kita lakukan,  ada banyak orang yang katanya sudah mengampuni tetapi hatinya belum mengampuni, hatinya masih tetap sakit.

 

Ada beberapa hal yang membuktikan, yang menyatakan, yang menjadi alasan mengapa pengampunan itu penting bagi kita orang percaya :

 

1. Pengampunan itu adalah sebuah perintah.

Yang namanya perintah itu harus dilaksanakan, harus dilakukan, kalau atasan atau pimpinan atau orang tua kita memerintahkan saja, kita harus laksanakan, apalagi sebagai hamba-Nya Tuhan, apa yang diperintahkan sudah seharusnya kita harus lakukan, namanya saja hamba, seorang yang tidak punya hak untuk menolak. Alkitab mengatakan :

 

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu. (Efesus 4:32)

 

Kata “hendaklah” artinya suatu perintah, lebih dari mengampuni dikatakan juga ramah, penuh kasih mesra, dan dijelaskan juga mengapa harus mengampuni, sebab Allah didalam Kristus yang sudah terlebih dahulu mengampuni kita.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *