Minggu, 03 Mei 2020

LOVE YOUR BODY (3)

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 6:1-20

Ayat Hafalan : ‘Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?” 1 Korintus 6:19

Data kesehatan Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebanyak 20 persen penduduk negara Paman Sam tersebut mengalami obesitas. Dan 50 juta orang di dunia meninggal dunia karena mengidap penyakit kronis yang ditimbulkan akibat berat badan berlebih. Obesitas atau berat badan berlebih tentu saja berasal dari pola makan yang tidak sehat.

Kasus di atas mungkin hanyalah satu dari sekian alasan kita termotivasi menjaga kesehatan. Lalu bagaimana Tuhan memandang kesehatan? Seberapa peduli Tuhan terhadap kesehatan manusia? 1 Korintus 6: 12-20, sesungguhnya adalah pesan Allah yang begitu sangat jelas tentang pentingnya kesehatan tubuh. Tuhan menunjukkan kepedulian-Nya akan kesehatan manusia melalui firman-Nya. Kita seharusnya termotivasi untuk menjaga kesehatan tubuh karena:

Tuhan mengharapkan kita menjaga tubuh

1 Korintus 6: 12 berkata, “Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun (1 Korintus 6:12)”. Tubuh adalah pemberian Allah. Dia meminjamkannya dan menjadi tanggung jawab kita untuk menjaganya tetap baik. Lalu apa yang telah kita lakukan untuk menjaganya?

Tubuh adalah lahan dan bangunan Tuhan

Ayat 13 berkata, “Makanan adalah untuk perut dan perut untuk makanan: tetapi kedua-duanya akan dibinasakan Allah. Tetapi tubuh bukanlah untuk percabulan, melainkan untuk Tuhan, dan Tuhan untuk tubuh”. Sementara kebudayaan atau kebiasaan hidup kita menanamkan pemahaman bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita mau terhadap tubuh kita. Kebenarannya adalah bahwa tubuh adalah milik Tuhan, lahan dan bangunan yang telah lunas dibayar. Jadi, kita tidak seharusnya membangunnya dengan kecemaran-kecemaran daging. Seperti, seks bebas yang hanya akan menimbulkan beragam penyakit mematikan.

Tubuh akan dibangkitkan setelah kematian

Tak ada yang akan terluput dari pandangan Tuhan. Begitu pula dengan tubuh yang mati, pada waktunya akan dibangkitkan kembali untuk mengenakan tubuh yang baru di kerajaan Surga. Dalam ayat 14 disebutkan, “Allah, yang membangkitkan Tuhan, akan membangkitkan kita juga oleh kuasa-Nya”.

Tubuh adalah anggota Kristus

Tuhan memisahkan tubuh dengan dosa untuk menjadikannya berharga karena tubuh adalah anggota Kristus. Jadi tak ada alasan untuk menyerahkan tubuh yang Tuhan berikan kepada percabulan dan kecemaran. 1 Korintus 6: 15 berkata, “Tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah anggota Kristus? Akan kuambilkah anggota Kristus untuk menyerahkannya kepada percabulan? Sekali-kali tidak!”

Kesimpulan: Yesus telah membayar keselamatan tubuh di kayu salib. Allah peduli dengan kita, peduli dengan kesehatan kita. Dia menghendaki tubuh kita tetap sehat dan bugar agar Ia bisa memakai hidup kita dengan maksimal. Pertanyaannya adalah sudahkah Anda menjaga tubuh Anda dengan pola makan yang sehat, gaya hidup yang baik dan pergaulan yang benar?

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *