Minggu, 11 April 2021

KUASA KEBANGKITAN (7)

 

Ayat Bacaan Hari ini: 1 Korintus 15:12-34

 

Ayat Hafalan: Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. 1 Korintus 15:12-14

 

(Sambungan…)

 

 “Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.” (1 Korintus 15:14).

Semua iman kita akan sia-sia jika ternyata Yesus tidak bangkit. “Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus–padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan.” (ay 15). “Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus.” (ay 17-18).

 

Jika kebangkitan Yesus tidak terjadi, maka orang-orang Kristen akan tetap hidup dalam dosa. Semua akan menjadi sia-sia dan kita akan binasa. Tapi haleluya, puji Tuhan, kenyataannya adalah sebagai berikut: “Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal.” (ay 20).

 

Iman kita tidak akan pernah berakhir sia-sia, semua menjadi nyata karena kebangkitan Yesus. Paulus lebih lanjut menjelaskan bahwa pada suatu hari nanti, semua orang yang beriman dan percaya kepada Yesus juga akan mengalami sebuah kebangkitan yang sama seperti kebangkitanNya. “Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus.” (ay 22).

 

Bagaimana iman kita saat ini? Apakah iman kita hanya berupa kuburan kosong, tanpa pengharapan, dan bukan berorientasi pada kebangkitan Kristus? Apakah kita lebih mementingkan upaya-upaya pembuktian secara ilmiah daripada berperan menjadi agen-agen Kristus yang membawa terang dan garam ditengah keluarga, teman dan masyarakat, yang bisa membuktikan adanya perbedaan nyata dalam kehidupan ketika kita mengimani Yesus sebagai Sang Juru Selamat?

 

Sadarilah bahwa kebangkitan Kristus membuktikan bahwa iman kepercayaan kita tidaklah sia-sia. Demikian pula apa yang ditebus Kristus di atas kayu salib pun jangan sampai kita sia-siakan. Kematian dan kebangkitan Kristus merupakan esensi yang paling penting dalam iman kekristenan. Memperingati Paskah tahun 2021 ini, jadilah agen-agen perubahan yang mampu menghadirkan Kristus secara nyata di tengah dunia tanpa pengharapan.

 

Jadikan makna kebangkitan Kristus sebagai dasar pengharapan akan iman kita

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *