Jumat, 09 April 2021

KUASA KEBANGKITAN (5)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Lukas 24:1-12

 

Ayat Hafalan: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,Lukas 24:5b-6

 

Kebangkitan merupakan hal yang penting karena membuktikan bahwa Tuhan Yesus telah menyelesaikan dan menggenapi seluruh tuntutan hukum Taurat dengan sempurna. Dia berkuasa mengalahkan maut dan Dia hidup sehingga kita tidak perlu kuatir akan hari esok. Injil Lukas mencatat kebangkitanNya dan dari sana kita dapat menarik dua pelajaran:

 

1. Berkat lebih bagi yang bersegera mencari Tuhan (ayat 1)

 

Kita melihat pagi-pagi benar para kaum wanita murid Yesus pergi ke kubur untuk mengurusi mayat Yesus. Mereka tidak menunda-nunda waktu tetapi bersegera karena sebelumnya hari Sabat menurut aturan orang Yahudi mereka tidak boleh mengerjakan apa-apa. Sebagai murid Kristus kita seharusnya seperti mereka juga bersegera mencari DIA didalam kehidupan kita, bersegera mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang Tuhan percayakan, bersegera dalam ibadah dengan datang lebih awal, saat teduh dan doa pagi jangan kalah saudara kita yang beragama lain sebagaimana pemazmur katakan “Aku bangun mendahului waktu jaga malam untuk merenungkan janji-Mu” (Mamurz 119:148) dan hal-hal lainnya.

 

Berkat lebih yang Tuhan sediakan antara lain:

  • Persoalan diselesaikan (Ayat 2): Para murid wanita mengalami masalah ketika sampai di kubur Yesus yaitu tidak ada yang mampu menggulingkan batu yang menutup pintu kubur Yesus (Markus 16:3) dan Tuhan mengutus malaikat-Nya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  • Melihat kemuliaan Tuhan (Ayat 4)
  • Lebih dulu menerima kebenaran (Ayat 5-8)
  • Nama dikenang (Ayat 10)

 

2.Tidak ada kemuliaan di dalam kefanaan (Ayat 5)

 

Kedua malaikat berkata kepada murid-murid “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati? Ayat ini berbicara hidup dan mati, tidak ada kehidupan diantara orang mati, tidak ada kemuliaan dan kekekalan di dalam kefanaan.

Setiap kita tentu tahu segala yang didunia ini adalah fana, tidak kekal ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri dapat membongkar serta mencurinya (Matius 6:19) dan dunia terus menerus ingin menyesatkan setiap kita, si iblis berusaha dengan segala tipu daya menawarkan kemuliaan dunia yang fana ini.

Sementara kita orang percaya telah dilahirkan kembali dari benih yang tidak fana (1 Petrus 1:23) oleh karena itu Tuhan ingin setiap murid-Nya tidak terjebak oleh bujuk rayu si iblis dan dunia dengan kita tetap fokus mengejar perkara-perkara rohani, hal-hal yang kekal dengan mencari dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya. (Matius 6:20)

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *