Kamis, 08 April 2021

KUASA KEBANGKITAN (4)

 

Ayat Bacaan Hari ini: Matius 17:1-27

 

Ayat Hafalan: “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.” Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali. Matius 17:22b-23

 

(Sambungan…)

 

Yesus sendiri jauh-jauh hari sudah menubuatkan semua peristiwa yang akan dialami-Nya, jauh-jauh hari sebelum peristiwa itu terjadi. Matius 17:22-23 menyatakan “Pada waktu Yesus dan murid-murid-Nya bersama-sama di Galilea, Ia berkata kepada mereka: “Anak manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan”. Maka hati murid-murid-Nya itupun sedih sekali.

 

Dari bukti-bukti di atas jelas bahwa kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus adalah fakta sejarah dan kebenaran yang tak terbantahkan.

 

Kebangkitan Kristus: Kebangkitan Yang Membangkitkan.

 

Bagaimana makna kebangkitan Kristus?

 

Pertama: Kebangkitan Kristus, Membangkitkan iman
Karena kematian Yesus, banyak murid-murid-Nya yang menjadi lemah. Imannya mulai lemah. Beberapa diantara para murid bahkan memilih kembali ke pekerjaan yang lama. Petrus kembali menjadi nelayan. Demikian pula murid-murid lainnya (Perhatikan dalam Lukas 24:13-35).
Tetapi kebangkitan Tuhan memulihkan iman mereka. Mereka kembali bersemangat dan bersukacita. Dengan penuh iman, mereka kembali bersekutu dan memuliakan Tuhan.

 

Kedua: Kebangkitan Kristus Membangkitkan Kekuatan
Banyak Murid Yesus, terkhusus Petrus, setelah Yesus ditangkap dan disalibkan, mereka hidup dalam ketakutan. Seolah-olah seperti ayam yang kehilangan induk nya. Tetapi kebangkitan Yesus membangkitkan kekuatan baru bagi para murid. Berita kebangkitan Yesus selalu diawali dengan kata “Jangan takut” Yesus ingin membangkitkan kekuatan para murid yang ada supaya mereka tidak terus tinggal dalam ketakutan. Petrus yang semula takut, bahkan menyangkal Yesus hanya karena takutnya kepada perempuan dan seorang anak kecil. Tetapi berita kebangkitan Kristus membangkitkan kekuatan baru.

 

Ketiga: Kebangkitan Kristus, membangkitkan masa depan orang-orang yang percaya kepada-Nya.
Kebangkitan Kristus adalah yang sulung dari antara orang yang akan dibangkitkan (Baca 1 Korintus 15:12-13). Semua orang, buka saja orang-orang Kristen meyakini bahwa pada akhir jaman, semua orang-orang yang telah mati akan dibangkitkan. Kebangkitan Yesus sudah memberikan gambaran untuk peristiwa yang akan dialami oleh semua manusia. Semua orang yang telah mati akan dibangkitkan. Hanya yang membedakan, sebagian orang dibangkitkan untuk kemudian dihakimi dan menerima penghukuman abadi. Sedangkan bagi orang-orang yang percaya kepada Tuhan, mereka bangkitkan untuk menerima kemuliaan dalam kekekalan.

 

Kebangkitan Kristus membangkitkan iman, kekuatan dan pengharapan. Adakah diantara kita yang hari-hari ini mulai kehilangan iman, kekuatan dan pengharapan? Mari datang kepada Tuhan. Nikmati kuasa kebangkitan-Nya.

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *