Sabtu, 04 Juli 2020

KUASA DALAM PERKATAAN (4)

Ayat Bacaan Hari ini: Amsal 18:1-24

Ayat hafalan: “Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya. Amsal 18:21

Arti kata ‘menggemakan’ adalah: mengumandangkan, menggaungkan, memperkatakan dengan kuat, menjadikannya bergema. Pengertian lainnya adalah: memperkatakan dengan penuh OTORITAS. Bila Anda ingin PERKATAAN Anda berdampak, Anda harus memperkatakannya secara dinamis, penuh OTORITAS, bukan dengan lirih, merengek-rengek, apalagi memelas. Perhatikanlah apa yang Tuhan Yesus ajarkan kepada murid-murid-Nya: “Yesus menjawab mereka: AKU berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu percaya dan tidak bimbang, kamu bukan saja akan dapat berbuat apa saja yang Kuperbuat dengan pohon ara itu, tetapi juga jikalau kamu berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut hal itu akan terjadi !” (Matius 21:21).

Perhatikan, tidak dikatakan kepada gunung itu: Himbaulah , mohonlah, mintalah dengan sangat bila berkenan, atau “sudilah kiranya bergeser sedikit, please”. Tetapi dikatakan dengan penuh OTORITAS kepada gunung itu: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut!

Bukankah Alkitab berkata: “Jika ada orang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah”. ( 1 Petrus 4:11a)

Firman Allah selalu diperkatakan dengan penuh OTORITAS. Ketika Ia menciptakan terang, Ia berfirman, berkata dengan penuh OTORITAS : “Jadilah terang! Lalu terang itu jadi” (Kejadian 1: 3). Ketika Ia menghardik badai, Ia berkata dengan penuh OTORITAS: “Diam! Tenanglah! “Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. (Markus 4:39). Setelah Daniel berdoa dengan penuh OTORITAS selama dua puluh satu hari, seorang malaikat datang kepadanya dan berkata, “Aku datang oleh karena PERKATAAN mu itu” (Daniel 10:12).

Alkitab menjelaskan bahwa “Firman itu dekat kepadamu, yakni di dalam mulutmu dan di dalam hatimu” (Roma 10:8). Sebab itu, supaya PERKATAAN kita penuh OTORITAS dan berkuasa mengubahkan keadaan, maka mulut dan hati kita harus kita penuhi dengan firman Tuhan.

Alkitab memiliki terminologi yang spesifik untuk “memperkatakan firman dengan penuh OTORITAS”, yakni “bernubuat”. Yehezkiel bernubuat terhadap tulang-tulang kering di lembah itu, supaya tulang-tulang kering itu bangkit dan “nafas hidup” itu berhembus kepada mereka. Lalu tulang-tulang yang sudah amat kering itu pun hidup kembali dan berubah menjadi suatu tentara yang sangat besar (Yehezkiel 37:1-10).

Bila kehidupan Anda terasa sedang kering, bisnis atau ekonomi dan keadaan Anda sedang kering, mulailah “bernubuat”, perkatakan dengan penuh OTORITAS supaya “nafas hidup” yakni Roh Kudus berhembus, membangkitkan, menghidupkan, dan mengubahkan.

Your WORDS change Your WORLD !

“Bila PERKATAAN positif dan negatif sama-sama berdampak besar bukankah lebih baik memilih PERKATAAN yang positif?”

 

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *