Jumat, 03 Juli 2020

KUASA DALAM PERKATAAN (3)

Ayat Bacaan Hari ini: Mazmur 40:1-18

Ayat hafalan: “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.” Mazmur 40:4

Alkitab mengajarkan kepada kita bahwa: “Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hati nya yang baik dan orang yang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaan hati nya yang jahat. Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hati nya” (Lukas 6:45).

Gemakanlah PERKATAAN yang membangun setiap hari, agar kehidupan Anda dan orang-orang di sekitar Anda beroleh kasih karunia. Bila PERKATAAN mulut kita penuhi dengan pujian, maka dak ada lagi tempat untuk keluhan dan cacian. Alkitab berkata: “Mulutku penuh dengan puji-pujian kepada-Mu, dengan penghormatan kepada-Mu sepanjang hari” (Mazmur 7:8)

Manusia diciptakan Tuhan memiliki hanya satu mulut. Dari mulut yang satu-satunya itu, Tuhan menghendaki keluar PERKATAAN yang penuh pujian, bukan PERKATAAN yang penuh persungutan atau cacian.

“Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita ; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini saudara-saudaraku, dak boleh demikian terjadi. Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama? Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pohon anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin dak dapat mengeluarkan air tawar”. (Yakobus 3:9-12).

Anda bisa bayangkan apa yang terjadi bila content galon air minum di rumah atau di kantor Anda berisi dua macam jenis cairan: air mineral dan racun. Apa yang akan terjadi? Kehidupan atau kematian? Pujian kepada Tuhan membuat kita dibanjiri rasa syukur dan dengan demikian maka PERKATAAN yang keluar dari mulut kita pasti lah kata-kata yang memuliakan Tuhan, yang mengalirkan damai sejahtera, yang memberkati , dan yang membawa kehidupan bagi kita dan bagi orang-orang di sekitar kita.

Bila Anda mengiginkan kehidupan Anda menjadi kesaksian bagi banyak orang sehingga mereka pun menjadi percaya kepada Tuhan, mintalah Roh Kudus-Nya memberikan Anda kemampuan untuk memuji-muji Tuhan, seperti kata Pemazmur: “Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan” (Mazmur 40:4).

PERKATAAN pujian juga dibutuhkan oleh sesama, termasuk Anda. Sebab, pada dasarnya setiap orang memerlukan pujian berupa afirmasi, peneguhan, apresiasi atau penghargaan, yang membuat seseorang merasa diterima dan dihargai sehingga termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Taburlah PERKATAAN pujian dengan generous, dan Anda pun akan menuainya.

“Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka……” ( Matius 7 : 12 ).

Category
Tags

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *