Bacaan Firman Tuhan hari ini : Efesus. 2: 11-22

M1: Menerima Firman

Tentu kita semua mendambakan kesatuan, bukan? Baik itu kesatuan dalam keluarga, gereja, masyarakat, bangsa dan negara.  Kesatuan itu sungguh indah dan menyenangkan.Di mana ada kesatuan di situ ada kekuatan dan berkat. Melalui penebusan-Nya  di kayu salib, maka segala perseteruan dilenyapkan, dan damai sejahtera dinyatakan, sehingga mereka yang dulu jauh menjadi dekat. Oleh penebusan-Nya, kita diangkat menjadi anak-anak-Nya, dan dipersatukan dalam satu kasih, satu iman,dan satu pengharapan. Kita menjadi  satu keluarga yakni keluarga Allah, yang dibangun di atas dasar iman kepada Yesus Kristus. Pada  dasarnya manusia itu berbeda. Perbedaan merupakan desain Allah sejak manusia diciptakan (Kej. 1:27). Perbedaan itu indah, nikmat, dan membahagiakan. Perbedaan juga merupakan kekayaan, potensi, kekuatan, untuk membangun sebuah persekutuan yang rukun, damai, dan harmonis. Perbedaan  bukan untuk memisahkan kita, namun justru memaksa kita untuk bersatu. Paulus menggambarkan keragaman dalam jemaat itu ibarat tubuh yang banyak anggota (1 Kor. 12: 12-31), namun saling keterhubungan, saling melengkapi, saling membutuhkan, saling merasakan, saling memperhatikan, saling menghormati, dan tidak ada anggota yang dianggap lebih utama dari anggota yang lain. Setiap orang yang sudah menjadi anggota tubuh Kristus statusnya sama dihadapan Tuhan. Meskipun kita senantiasa mendambakan kesatuan dalam persekutuan, namun dalam realita kadang ada terjadi keretakan,  perpecahan. Apa penyebabnya? Penyebab yang paling mendasar adalah adanya rasa superioritas, yakni perasaan yang selalu menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain. Tinggi hati  adalah musuh utama dalam mewujudkan kesatuan (Fil. 2:3). Untuk itu hendaklah kita meninggalkan dan melenyapkan segala tembok pemisah yang hanya merusak persekutuan. Marilah kita membangun persekutuan kita di atas dasar iman kepada  Yesus Kristus. Paulus berkata: “Karena tidak seorang pun yang dapat  meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus” (1 Kor. 3:11). Kesatuan yang sejati hanya ada di dalam Yesus Kristus.

M2: Merenungkan Firman

1. Menurut renungan diatas, apa fungsi dari perbedaan diantara  sesama umat manusia?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

2. Menurut anda, apa penyebab utama terjadinya perpecahan diantara umat Tuhan?

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

M3: Melakukan Firman

Rhema apa yang anda dapatkan dari renungansaat teduh hari ini? Apa komitmen anda?

M4: Membagikan Firman

Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh dari bacaan tadi kepada orang lain(keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll ).

Ayat Hafalan: Efesus 2:14

“Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan  kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan.”